Arfak Chem: Chemistry Education Journal
Vol 5, No 1 (2022): Arfak Chem

MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP HIDROLISIS GARAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD)

Yeni Alexander (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) yang fokus pada aktivitas siswa dan penguasaan konsep pada materi Hidrolisis Garam. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) merangsang aktivitas siswa selama pembelajaran di kelas melalui pembelajaran kooperatif, (2) meningkatkan penguasaan konsep hidrolisis garam pada siswa kelas XI MIA 3 SMA Negeri 4 Kendari Tahun Pelajaran 2021/2022. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan merancang studi tindakan kelas melalui 2 siklus, dengan tahapan (1) perencanaan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) observasi dan evaluasi evaluasi; (4) Refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa serta dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa pada materi Hidrolisis Garam dari 69,23% pada siklus I menjadi 84,62% pada siklus II.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

accej

Publisher

Subject

Humanities Chemistry Education Social Sciences

Description

Arfak Chem: Chemistry Education Journal is a scientific journal, published by Chemistry Education Department, University of Papua. This journal is published 2 times in a year, June and December. This journal contains research results relating to the topic of education and chemistry ...