Pengambilan keputusan dalam bisnis ketenangan emosi sangat penting, namun dalam situasi perekonomian yang tidak menentu tidak sedikit perusahaan yang mengalami kegagalan dan harus ditutup. Individu yang cerdas emosinya akan mampu untuk mengambil keputusan yang tepat dalam kondisi apapun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan kecerdasan emosional (kesadaran diri, pengaturan diri, motivasi, empati, dan keterampilan sosial) terhadap kinerja UMKM. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis regresi linier berganda. Untuk memperoleh data menggunakan angket yang diberikan kepada 69 orang sampel yang ditentukan menggunakan teknik non probability sampling dengan purposive sampling. Hasil penelitian dengan bantuan SPSS 26 menunjukkan: 1. Kesadaran diri, pengaturan diri, motivasi, empati, dan keterampilan sosial secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kinerja UMKM. 2. Kecerdasan emosional (kesadaran diri, pengaturan diri, motivasi, empati, dan keterampilan sosial) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kinerja UMKM. 
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022