Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui proses pelaksanaan kegiatan pelatihan dan pendampingan pembuatan blog interakti; 2) Mengetahui efektivitas pelaksanaan kegiatan pelatihan terhadap peningkatan kreativitas guru melalui pembuatan blog interaktif. Dalam kegiatan ini peneliti menggunakan metode action research yaitu metode yang digunakan dengan cara melakukan kegiatan sambil memecahkan masalah yang dihadapi oleh setiap peserta. Teknik pengumpulan data penelitian dilakukan melalui observasi, dokumentasi, pretest dan postest. Data yang diperoleh akan dianalisis dengan menggunakan analisis tematik dan analisis deskriptif kuantitatif. Dari kegiatan penelitian ini disimpulkan bahwa proses kegiatan dilaksanakan secara online menggunakan zoom, youtube dan telegram. Proses kegiatan melalui 8 tahapan, yaitu: Pembuakaan, Materi umum, pretest, pelatihan, pendampingan, penugasan, postest, dan penutupan. Kegiatan yang dilaksanakan selama 4 hari dengan melibatkan 214 orang guru PAK telah terlaksana dengan kategori efektif dengan persentase keberhasilan 89,7%.
Copyrights © 2021