cover
Contact Name
I Gusti Ngurah Suariana
Contact Email
widyadewata.bdkdenpasar@gmail.com
Phone
+62818551007
Journal Mail Official
widyadewata.bdkdenpasar@gmail.com
Editorial Address
Jl. Raya Mengwi Km. 14, Mengwitani, Kabupaten Badung, Bali
Location
Kab. badung,
Bali
INDONESIA
Widyadewata: Jurnal Balai Diklat Keagamaan Denpasar
ISSN : 26224801     EISSN : 28098838     DOI : https://doi.org/10.47655/widyadewata.v5i1
Core Subject : Religion, Education,
WIDYADEWATA: Jurnal Balai Diklat Keagamaan Denpasar is a periodical journal that publishes scientific developments in the scope of discussion about: education and training for educational technical personnel such as teachers, laboratory and library staff, madrasah principals, school supervisors, lecturers, researchers, widyaiswara/master trainers; covering topics related to approaches, models, strategies, methods, media and learning innovations and other related issues to improve the quality of education and training education and training for religious technical personnel such as chieftains, extension workers and religious personnel related to hajj, zakat, waqf, halal products, and hisab rukyat/rukyat reckoning; covering topics related to approaches, models, strategies, methods, media, and innovation in the scope of counseling, chieftainship, hajj, zakat, waqf, halal products, hisab rukyat, inter-religious harmony and other related issues to improve the quality of education and training, Local Wisdom, Multicultural.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 88 Documents
Efektifitas Penggunaan Aplikasi Google Form Dalam Pelaksanaan PAT Berbasis Online Di SMKN 1 Tembuku: Effectiveness Of The Use Of Google Form Applications In The Implementation Of PAT Based Online At SMKN 1 Tembuku I Putu Sesana
Widyadewata Vol. 3 No. 1 (2020): Widyadewata : Jurnal Balai Diklat Keagamaan Denpasar
Publisher : Balai Diklat Keagamaan Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47655/widyadewata.v3i1.4

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektifitas penggunaan Google Form pada Penilaian Akhir Tahun (PAT) tahun pelajaran 2019/2020 berbasis online oleh siswa di SMKN 1 Tembuku. Siswa diminta untuk memberikan tanggapan berupa jawab quiz secara online menggunakan smartphone atau laptop yang dimiliki oleh siswa yang terkoneksi internet. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif untuk menggambarkan tingkat efektifitas penggunaan aplikasi Google Form dalam pelaksanaan PAT Berbasis Online di SMKN 1 Tembuku. Pengumpulan data dilakukan melalui aplikasi Google Form dengan 130 responden dari beberapa kelas, menggunakan skala likert dengan lima skala. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar peserta didik suka penggunaan Google Form dengan rata-rata skor sebesar 70,26 dengan kategori sangat tinggi sebesar 68,46% dan kategori sedang sebesar dan 23,85%, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi Google Form sangat efektif digunakan dalam pelaksanaan PAT Tahun Pelajaran 2019/2020 di SMKN 1 Tembuku. This study aims to determine the effectiveness of the use of google forms in the Final Year Assessment in academic year 2019/2020 based online by students at SMKN 1 Tembuku. In research, students are asked to provide responses in the form of online quiz using smartphones or laptops owned by students who are connected to the internet. This research uses descriptive qualitative method to describe the effectiveness of use of the Google Form application in implementing PAT Based Online at SMKN 1 Tembuku. Data collected using the Google Form application with totaled 130 respondents in several classes with variables using a Likert scale with five scales. The results of this study indicate that most students like the use of Google Form with an online questionnaire with an average score of 70.26 with a very high category of 68.46% and a moderate category of and 23.85%. So it can be concluded that the use of the Google Form application is very effective to be used in the implementation of PAT 2019/2020 Academic Year at SMKN 1 Tembuku.
Sikap Kritis Manusia Di Masa Pandemi COVID-19 Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan: Human Critical Attitude In The Covid-19 Pandemic In The Education Philosophy Perspective Hasudungan Sidabutar; Rinto Hasiholan Hutapea
Widyadewata Vol. 3 No. 1 (2020): Widyadewata : Jurnal Balai Diklat Keagamaan Denpasar
Publisher : Balai Diklat Keagamaan Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47655/widyadewata.v3i1.6

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sikap kritis manusia di masa pandemi covid-19 dalam perspektif filsafat pendidikan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana gambaran kegelisahan manusia di masa pandemi covid-19 dan bagaimana sikap kritis manusia dalam menghadapi pandemi covid-19 dilihat dari perspektif filsafat pendidikan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kegelisahan manusia di masa pandemi covid-19 dan bagaimana sikap kritis manusia dalam menghadapi pandemi covid-19 dilihat dari perspektif filsafat pendidikan. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: pertama, sikap kritis manusia dalam menghadapi pandemi covid-19 membutuhkan wawasan dan pemikiran kritis. Pemikiran kritis ini penting dalam mencari solusi pencegahan Covid-19 dan mengatasi kesulitan hidup. Kedua, filsafat pendidikan mendorong manusia untuk mencintai hidup. Mencintai hidup penting di tengah-tengah kesulitan dan ketertindasan hidup oleh karena pandemi covid-19. This study aims to analyze the critical attitude of humans during the covid-19 pandemic in the perspective of educational philosophy. The research method used in this research is descriptive qualitative. The formulation of the problem in this study is how the description of human anxiety in the covid-19 pandemic and how human critical attitude in dealing with the covid-19 pandemic are viewed from the perspective of educational philosophy. The purpose of this research is to find out the picture of human anxiety in the covid-19 pandemic and how human critical attitude in dealing with the covid-19 pandemic viewed from the perspective of educational philosophy. The results of the study are as follows: first, the human paradox in dealing with the covid-19 pandemic requires and critical thingking. This critical thinking is important in finding covid-19 prevention solutions and overcoming life’s difficulties. Second, the philosophy of education encourages people to love life. Loving life is important amidst the difficulties and oppression of life because of the covid-19 pandemic.
Manajemen Pembiayaan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MTs Negeri 5 Lombok Tengah Kabupaten Lombok Tengah: Financing Management In Increasing Educational Quality In MTs State 5 Central Lombok Central Lombok Regency Khaerul Anam
Widyadewata Vol. 3 No. 1 (2020): Widyadewata : Jurnal Balai Diklat Keagamaan Denpasar
Publisher : Balai Diklat Keagamaan Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47655/widyadewata.v3i1.9

Abstract

Tujuan dari penelitian yang dilaksanakan di MTs Negeri 5 Lombok Tengah adalah untuk mengetahui bagaimana pengelolaan manajemen pembiayaan yang baik dalam menghasilkan output bermutu dan berkualitas yang menjadi idola masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan latar alamiah sebagai sumber datanya. Untuk mengumpulkan data disesuaikan dengan fokus dan pertanyaan serta tujuan penelitian. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara mendalam dan kajian dokumen. Untuk mengungkapkan makna perilaku para informan, peneliti telah mewawancarai kepala madrasah, wakil kepala madrasah, guru, bendahara madrasah, kepala tata usaha dan komite madrasah. Untuk analisis digunakan teknik analisis data model Miles dan Huberman (1992) yang terdiri dari kegiatan reduksi data, pemaparan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang dilakukan adalah (1) pengelolaan manajemen pembiayaan yang baik dapat meningkatkan nilai akreditasi madrasah dari periode sebelumnya, (2) pengelolaan manajemen pembiayaan yang baik dapat meningkatkan jumlah peserta didik baru di madrasah, selama tiga tahun berturut-turut, (3) pengelolaan manajemen pembiayaan yang baik dapat meningkatkan mutu pendidikan dalam bentuk sarana dan prasarana dalam proses belajar mengajar dan profesionalisme guru. Kesimpulan dari penelitian yang dilaksanakan di MTs Negeri 5 Lombok Tengah adalah berimplikasi pada peningkatan nilai akreditasi madrasah, peningkatan jumlah peserta didik baru serta peningkatan sarana prasarana dalam menunjang mutu pendidikan. The purpose of the research carried out at MTs Negeri 5 Lombok Tengah is to find out how to manage good financing management in producing quality, quality and quality outputs that are community idols. This study uses a qualitative approach with a natural setting as the source of the data. To collect data tailored to the focus and questions and research objectives, researchers use data collection techniques including observation, in-depth interviews and document review. To reveal the meaning of the behavior of the research informants interviewed the madrasa head, madrasa deputy head, teacher, madrasa treasurer, head of administration and madrasah committee. For the analysis used Miles and Huberman's (1992) model of data analysis techniques consisting of data reduction, data exposure, and conclusion drawing activities. The results of research conducted are (1) good financial management can increase the value of madrasah accreditation from the previous period, (2) good financial management can increase the number of new learners in madrasas 3 years in a row, (3) financial management good education can improve the quality of education in the form of facilities and infrastructure in the teaching learning process and teacher professionalism. The conclusion of the research conducted at MTs Negeri 5 Lombok Tengah is that it has implications for increasing the value of madrasah accreditation, increasing the number of new students and improving infrastructure in supporting education quality.
Respon Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring dan Kemandirian Belajar Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19: Student Response To The Online Learning And Self Learning During Pandemic Covid-19 Tince Dormalin Koroh
Widyadewata Vol. 3 No. 1 (2020): Widyadewata : Jurnal Balai Diklat Keagamaan Denpasar
Publisher : Balai Diklat Keagamaan Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47655/widyadewata.v3i1.10

Abstract

Penyebaran Corona virus disease (Covid-19) di Indonesia semakin meningkat, hal ini menyebabkan kegiatan perkuliahan pada kampus IAKN Kupang menggunakan metode daring sebagai salah satu upaya pencegahan terhadap perkembangan dan penyebaran Covid-19. Penelitian ini bertujuan menganalisis respon mahasiswa terhadap pembelajaran daring dan kemandirian belajar selama pandemi Covid-19. Metode yang digunakan adalah kuantitaif deskriptif dengan analisis data menggunakan persentase. Subjek penelitian adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Kristen, IAKN Kupang kelas A,D dan F angkatan 2019 yang menempuh mata kuliah belajar dan pembelajaran sebanyak 64 responden. Pengumpulan data dengan kuisioner dalam bentuk pernyataan dan skala yang dipakai adalah skala likert, angket kuisioner disebarkan menggunakan Googleform. Hasil penelitian yang didapatkan bahwa secara keseluruhan respon mahasiwa terhadap pembelajaran daring selama pandemi covid-19 adalah Sangat Positif dengan persentase 77,71% dan kemandirian belajar mahasiswa terhadap pembelajaran daring selama pandemi covid-19 adalah Sangat Positif dengan persentase 77,50%. Kesimpulannya adalah perkuliahan daring pada masa pandemi Covid -19 memberikan respon yang sangat positif. Dari hasil tersebut, diharapkan dosen yang melaksanakan perkuliahan daring agar mempersiapkan pembelajaran daring yang lebih baik. The spread of Corona Virus disease (Covid-19) in Indonesia is increasing, this causes learning activities on the IAKN Kupang to use online methods as an effort to prevent the development and spread of Covid-19. This study aims to analyze student responses to online learning and self learning during pandemic Covid-19. The method used is descriptive quantitative with data analysis using percentages. The research subjects were 64 students from the Departement of Christian Religious Education, IAKN Kupang class A,D and F force 2019. Data collection with questionnaires in the form of statements and the scale used is Likert scale, questionnaires are distributed using Googleform. The result of the study found that the response of students to online learning during the emergency response Covid-19 was very positive with a percentage of 77,71% and the self learning towards online learning during pandemic Covid-19 was very positive with a percentage of 77,50%. The conclusion is that online learning during Covid-19 pandemic gave a very positive response. From these result, it is expected that lectures who carry out online learning should prepare for better online learning.
Profil Berpikir Aljabar Siswa MTs Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Perbedaan Jenis Kelamin: Students Algebraic Thinking Profile In Solving Mathematics Problem Based On Gender Arief Kurniawan
Widyadewata Vol. 3 No. 1 (2020): Widyadewata : Jurnal Balai Diklat Keagamaan Denpasar
Publisher : Balai Diklat Keagamaan Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47655/widyadewata.v3i1.11

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil berpikir aljabar siswa dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan jenis kelamin melalui tiga tahap pemecahan masalah (mengekstraksi informasi dari situasi, representasi matematika, dan menafsirkan dan menerapkan temuan matematika) dan enam indikator berpikir aljabar (generalisasi, abstraksi, berpikir analitis, berpikir dinamis, pemodelan, dan organisasi). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan dua subjek penelitian: siswa pria dan siswa wanita dengan kemampuan matematika yang setara. Data penelitian diperoleh melalui wawancara berdasarkan jawaban tugas yang diberikan, hasil wawancara diperiksa validitasnya dengan menggunakan triangulasi waktu dimana subjek diberikan tugas penyelesaian masalah yang setara pada waktu yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek pria memenuhi enam indikator berpikir aljabar, sedangkan subjek wanita hanya memenuhi lima indikator berpikir aljabar yaitu generalisasi, abstraksi, berpikir dinamis, pemodelan, dan organisasi. Subjek wanita tidak menunjukkan berpikir analitik dalam memecahkan masalah. Peneliti menyarankan hasil penelitian ini dapat digunakan oleh guru untuk mengembangkan dan melatih berpikir aljabar kepada siswa mereka. This study aimed to describe students algebraic thinking profile in solving mathematical problems based on gender through three stages of problem solving (extracting information from situation, mathematical representation, and interpreting and applying mathematical findings) and six algebraic thinking indicators (generalization, abstraction, analytical thinking, dynamic thinking, modeling, and organization). This research used qualitative approach with two subjects: male student and female student with equal mathematical ability. Data obtained through based on tasks interviews were checked for validity by using time triangulation that is assigned equivalent problem-solving tasks at different times. The results showed that the male subject met the six indicators of algebraic thinking, while the female subject met the five algebraic thinking indicators of generalization, abstraction, dynamic thinking, modeling, and organization. She did not show analytic thinking in solving problems. Researcher suggests the results of this study can be used by teachers to develop and train algebraic thinking to their students.
Evaluasi Implementasi Penyelenggaraan Diklat Teknis Substantif Penyusunan Bahan Ajar di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Flores Timur: The Evaluation of Substantive Technical Training Implementation Of Composing Teaching Resources In The East Flores Ministry Of Religion Office Ni Made Sri Agustini
Widyadewata Vol. 3 No. 1 (2020): Widyadewata : Jurnal Balai Diklat Keagamaan Denpasar
Publisher : Balai Diklat Keagamaan Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47655/widyadewata.v3i1.13

Abstract

Efektivitas terkait reaksi peserta diklat setelah mengikuti kegiatan dan mengetahui ketercapaian peserta diklat baik dalam aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan menjadi point penting sebagai tolak ukur dalam kesuksesan pelaksanaan diklat dan penentuan kebijakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pelaksanaan Diklat Teknis Substantif Penyusunan Bahan Ajar di Kementerian Agama Kabupaten Flores Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif  dengan teknik pengumpulan data melalui kuisioner  dan Studi Dokumentasi. Pengukuran Evaluasi pendidikan dan pelatihan menggunakan pengukuran Level 1 dan 2 berdasarkan teori Kirk Patrick yaitu reaksi atau tanggapan, Pembelajaran (Learning). Dapat disimpulkan bahwa Pendidikan dan Pelatihan Penyusunan Bahan Ajar di Kementerian Agama Kabupaten Flores Timur Tahun 2019 yang dilaksanakan di MTsN 1 Flores timur dari tanggal 11 sampai dengan 16 November Tahun 2019 telah terlaksana dan berhasil diselesaikan  dengan kategori Baik  dengan pencapaian keberhasilan efektivitas 89,18%. Setelah mengikuti pelatihan diharapkan adanya peningkatan kualitas kinerja yang berdampak positif terhadap proses pembelajaran dan peningkatan kualitas lembaga. The effectiveness of the training participants reactions after participating training activity and knowing the training participants' achievements in terms of attitudes, knowledge and skills are important points as benchmarks to get successful implementation of the training and policy determination. This study purposed to determine the evaluation of the implementation of Substantive Technical Training for the Preparation of Teaching Resources at Ministry of Religion of East Flores. This research used descriptive quantitative method with data collection techniques through questionnaires and documentation studies. Measurement of the effectiveness of education and training program used Level 1 and 2, measurements based on Kirk Patrick's theory, namely reactions or responses and Learning. It can be concluded that the Education and Training program of Arrangement Teaching Resources at Ministry of Religion at East Flores Regency in 2019 which was held at MTsN 1 East Flores from 11 to 16 November 2019 has been held in ‘Good’ category with the achievement of effectiveness 89.18%. After attending the training program, it is expected that there will be an increase quality of performance which will have a positive impact on the learning process and increase quality of institution.
Pedagogi Shalom bagi Guru Pendidikan Agama Kristen: Mengapa, Apa, Bagaimana, dan Siapa? Zummy Anselmus Dami; Ferdinant Alexander; Sance Mariana Tameon
Widyadewata Vol. 3 No. 1 (2020): Widyadewata : Jurnal Balai Diklat Keagamaan Denpasar
Publisher : Balai Diklat Keagamaan Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47655/widyadewata.v3i1.14

Abstract

Tujuan studi ini adalah untuk menganalisis peran pedagogi shalom bagi guru pendidikan agama Kristen dalam meningkatkan kompetensi pedagogi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan literature review. Hasil studi ini menunjukkan bahwa: (1) Tujuan PAK adalah untuk rekonsiliasi dengan Allah, diri sendiri, sesama, dan alam; (2) Konten PAK berbasis pada kontekstualisasi (multikultural) bukan netral, universal, kebiasaan, tradisi, dan adat istiadat; (3) Metode PAK yang perlu diterapkan adalah discovery, bukan individual centered (mouth-to-mouth), kompetisi, menghafal dan kepatuhan buta; (4) Peran, fungsi, dan tanggung jawab guru adalah guru sebagai pemimpin missional, bukan teknisi atau mesin. The purpose of this study is to analyze the role of the pedagogy of shalom for the Christian education teacher in improving pedagogy competence. The research methods used are qualitative with the approach literature review. The results of this study showed that: (1) the goal of Christian religious education is for reconciliation with god, oneself, neighbor, and nature; (2) the content of Christian religious education is based on contextual (multicultural) rather than neutral, universal, customs, traditions, and customs; (3) the method of Christian religious education that needs to be applied is discovery, not individual centered, competition, blind memorization and obedience; (4) the roles, functions, and responsibilities of a teacher are teachers as professional leaders, not technicians or machines.
Nilai Edukasi dalam Lontar Anggastyaprana: Educational Value In The Lontar Anggastyaprana I Nyoman Alit
Widyadewata Vol. 3 No. 1 (2020): Widyadewata : Jurnal Balai Diklat Keagamaan Denpasar
Publisher : Balai Diklat Keagamaan Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47655/widyadewata.v3i1.15

Abstract

Lontar merupakan salah satu peninggalan yang sarat dengan nilai-nilai luhur yang perlu dilestarikan dan disebarluaskan sehingga dapat dijadikan pedoman hidup baik dalam kehidupan bermasyarakat maupun hidup beragama. Seperti halnya dengan lontar Anggastyaprana yang mengandung nilai-nilai pendidikan agama Hindu yang perlu untuk dikaji. Berdasarkan hal tersebut, peneliti tertarik untuk menggali dan mengungkapkan nilai-nilai yang terkandung dalam lontar Anggastyaprana. Adapun masalah yang akan dibahas antara lain (1) Bagaimana konsep ajaran agama Hindu yang terdapat dalam lontar Anggastyaprana ? (2) Nilai edukasi apa sajakah yang yang terkandung dalam lontar Anggastyaprana ?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Ajaran agama Hindu yang terkandung dalam lontar Anggastyaprana. (2) Nilai edukasi yang terkandung dalam lontar Anggastyaprana. Teori yang digunakan untuk menganalisis masalah adalah : teori Hermeneutika dari Hans Georg Gadamer, dan teori Nilai dari Tarigan. Subjek dalam penelitian ini adalah teks lontar Anggastyaprana. Teknik pengumpulan data adalah studi kepustakaan, studi dokumentasi dan wawancara. Data yang terkumpul dianalisis dengan metode analisis deskriptif kualitatif dengan langka-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan  (1) Ajaran yang terkandung dalam lontar Anggastyaprana yaitu: ajaran kosmologi manusia (penciptaan, pemeliharaan, dan peleburan dalam diri manusia); dan ajaran pengobatan (usadha) seperti uasadha panawar upas, usadha tiwang, usadha pamali, dan usadha pamaliksumpah. (2) Nilai edukasi dalam lontar Anggastyaprana yaitu: nilai etika; nilai religius; nilai budaya; dan nilai estetika. Lontar is one of the relics that is full of noble values ​​that need to be preserved and disseminated so that it can be made new to life both in social and religious life. As with the lontar Anggastyaprana which contains Hindu religious education values ​​that need to be studied. Based on this, the researcher is interested in revealing and revealing the values ​​contained in the Anggastyaprana lontar. The issues to be discussed include (1) What is the concept of Hinduism in the lontar Anggastyaprana? (2) What educational values ​​are contained in the lontar Anggastyaprana ? This study aims to see (1) the teachings of Hinduism contained in the lontar Anggastyaprana. (2) The educational value contained in the lontar Anggastyaprana. The theories used to analyze the problem are: hermeneutic theory from Hans Georg Gadamer, and the theory of values ​​from Tarigan. The subject of this research is text lontar Anggastyaprana. Data techniques are literature study, documentation study and interviews. The collected data were analyzed using qualitative descriptive analysis method with step-step data, data reduction, data collection, and data collection. The results showed (1) the teachings contained in the lontar Anggastyaprana, namely: the teachings of human cosmology, maintenance and fusion of the human being; and medical teachings (usadha) such as uasadha panawar upas, usadha tiwang, usadha pamali, and usadha pamaliksumpah. (2) The educational values ​​in lontar Anggastyaprana's are: ethical values; religious value; culture value; and aesthetic value.
Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Guru Pendidikan Agama Kementerian Agama Kabupaten Malaka: The Analysis Religions Education Teachers’ Lesson Plan Of The Ministry Of Religion Of Malaka Regency Haris Budi Santosa
Widyadewata Vol. 2 No. 1 (2019): Widyadewata Jurnal Balai Diklat Keagamaan Denpasar
Publisher : Balai Diklat Keagamaan Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47655/widyadewata.v2i1.22

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis RPP peserta diklat guru pendidikan agama sesuai Permendikbud No. 22 tahun 2016. Subyek dan obyek dalam penelitian ini adalah adalah peserta diklat penyusunan perencanaan pembelajaran kabupaten Malaka. Metode penelitian yang dipakai adalah penelitian diskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis komponen RPP yang meliputi: 1) alokasi waktu, 2) kesesuaian pemilihan dan penggunaan metode dengan tujuan/indikator pembelajaran, 3) kesesuaian materi ajar dengan indikator pembelajaran, 4) kesesuaian media/alat pembelajaran dengan metode belajar, KI/KD dan indikator, 5) rincian KBM, 6) sumber belajar, 7) penilaian, menunjukkan adanya persentase kecocokan dengan Permendikbud No. 22 tahun 2016 relatif (rata-rata) yaitu 82 (Baik). Pengintegrasian penguatan pendidikan karakter, budaya literasi dan 4C sudah cukup baik, tetapi pada penilaian HOTS masih perlu ditingkatkan. Guru sudah memvariasikan model-model pembelajaran dengan memadukan pendekatan saintifik serta sudah memvariasikan berbagai macam metode pembelajaran, dalam merancang kegiatan belajar mengajar. Pemilihan jenis/teknik penilaian sudah variatif namun pada pembuatan instrumen penilaian (rubrik penilaian dan pedoman penskoran) masih perlu ditingkatkan. Penilaian RPP, yang memperoleh nilai (70-79) sebanyak 15 responden, (80-85) sebanyak 13 responden, (86-90) sebanyak 7 responden, (91-100) sebanyak 1 responden, sehingga yang masuk dalam kategori cukup baik, baik, sangat baik berjumlah 34 responden (85%). This study aimed to analyze the Lesson Implementation Plan of religious education teacher training participants according to Ministry of Education and Culture Regulation No.22 year 2016. Subjects and objects of the research in this study were participantstraining of learning implementation plan at Malacca regency. This study used descriptive quantitative research method. Based on the results of lesson implementation plan component analysis which includes: 1) time allocation. 2) suitability of selection and use of methods with learning objectives/indicators,3) conformity of teaching materials with learning indicators, 4) suitability of media/learning tools with learning methods, KI/KD and Indicators, 5) process teaching and learning details,6) learning resources,7) assessment. The result showed the percentage of compatibility with Ministry of Education and Culture regulation No.22 year 2016 on average were 82 (Good). Integration of strengthening character education, literacy of culture and 4C has been quite good, but HOTS's assessment still needs to be improved. In designing teaching and learning activities the teacher has varied the learning models by combining the scientific approach and has varied the various learning methods. The choice of type/assessment technique were varied but in made of assessment instruments (rubric assessment and scoring guidelines) still need to be improved. RPP assessment, 15 respondents obtainedscore (70-79), 13 respondents got score (80-85), 7 respondents got score (86-90), 1 respondent got score (91-100),so the total of participantswho entered the category quite good, good and very good were 34 respondents (85%).
Efektivitas Pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan Teknis Substantif Penelitian Tindakan Kelas Kantor Kementerian Agama Kabupaten Timor Tengah Selatan Tahun 2018: The Effectiveness Of Implementation Technical Education And Training Of Classroom Action Research Of Classroom Action Research At Ministry Of Religion Affair Office Of Timor Tengah Selatan Regency In 2018 I Wayan Arya Adnyana
Widyadewata Vol. 2 No. 1 (2019): Widyadewata Jurnal Balai Diklat Keagamaan Denpasar
Publisher : Balai Diklat Keagamaan Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47655/widyadewata.v2i1.23

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan Teknis Substantif Penelitian Tindakan Kelas Kantor Kementerian Agama Kabupaten Timor Tengah Selatan Tahun 2018.  Total sampling dari penelitian ini berjumlah 40 (empat puluh) orang terdiri dari guru-guru agama Kristen, Katolik, Islam, dan Hindu yang berasal dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Timor Tengah Selatan. Sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif  dengan teknik pengumpulan data melalui angket dan wawancara. Pengukuran efektivitas pendidikan dan pelatihan menggunakan tiga pengukuran berdasarkan Kirk Patrick yaitu reaksi atau tanggapan, pembelajaran (learning) dan perilaku (behavior). Kesimpulan hasil penelitian adalah Pendidikan dan Pelatihan Teknis Substantif PTK di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Timor Tengah Selatan Tahun 2018 yang dilaksanakan di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Timor Tengah Selatan dari tanggal 26 Pebruari sampai dengan 3 Maret 2018 telah terlaksana dengan kategori efektif dengan persentase keberhasilan efektivitas 88,88%. The purpose of this study is to determine the effectiveness of the implementation of the Education and Training in Classroom Action Research Office of the Ministry of Religion of Timor Tengah Selatan District in 2018. The total sampling from this study amounted to 40 (forty) people consisting of Christian, Catholic, Islamic, and Hindu religious teachers from the Office of the Ministry of Religion, South Timor Tengah Regency. The method used in this study was descriptive quantitative with data collection techniques through questionnaires and interviews. Measurement of the effectiveness of education and training uses three measurements based on Kirk Patrick, namely reactions or responses, learning and behavior. It can be concluded that the Education and Training of PTK in the Office of the Ministry of Religion of Timor Tengah Selatan Regency in 2018 held in the Hall of the Ministry of Religion of Timor Tengah Selatan Regency from 26 February to 3 March 2018 has been carried out in an effective category with 88 effectiveness effectiveness, 88%.