Guru sebagai pendidik generasi masa depan tentunya harus menjadi fasilitator yang baik bagi peserta didik. Dalam pembelajaran perlu disiapkan rencana untuk mendukung jalannya kegiatan. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran merupakan acuan yang digunakan dalam proses pembelajaran. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran merupakan langkah awal guru dalam mengembangkan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data Interaktif Analysis model dari Miles dan Huberman yang mengemukakan bahwa aktivitas dalam analisis data, yaitu data collection, data reduction, data display, dan verification. Penelitian ini dilakukan pada bulan November 2021 bertempat di MTsN 2 Banyuwangi dengan sasaran penelitian adalah Waka Kurikulum dan guru SKI yang menggunakan RPP satu lembar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi bentuk penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sebagai sarana meningkatkan kinerja guru yang mampu mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan. Sehingga guru SKI di MTsN 2 Banyuwangi mengalami peningkatan kinerja sebagai dampak dari penggunaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) satu lembar.
Copyrights © 2022