Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Perumusan program Peningkatan Mutu Pendidikan di MAN 2 Padang Lawas; (2) pelaksanaan program peningkatan mutu pendidikan di MAN 2 Padang Lawas, (3) dukungan sumberdaya pelaksanaan program peningkatan mutu di MAN 2 Padang Lawas. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Adapaun subjek penelitian adalah kepala madrasah, wakil kepala madrasah, guru, dan siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis secara interaktif dengan prosedur reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk mencapai keabsahan data diuji dengan triangulasi antar metode, yaitu data wawancara diperiksa silang dengan data observasi, dan dokumentasi serta sebaliknya. Sedangkan triangulasi antar sumber data dilakukan dengan memeriksa kebenaran data dari kepala madrasah dengan data dari wkil kepala madrasah, tatausaha, dan guru-guru madrasah berkenaan data program peningkatan mutu pendidikan di MAN 2 Padang Lawas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Perumusan program Peningkatan Mutu Pendidikan di MAN 2 Padang Lawas dilakukan dengan mengacu kepada visi, misi dan tujuan serta musyawarah partisipatif dengan melibatkan kepala madrasah, komite madrasah, para wakil kepala madrasah, para guru, tatausaha, dan musywarah guru mata pelajaran (MGMP), (2) pelaksanaan program peningkatan mutu MAN 2 Padang Lawas diawali dengan pembentukan panitia kegiatan, rapat panitia dengan semua unsur,melakukan pembagian tugas, dan penjadwalan kegiatan, (3) dukungan sumberdana personil staf pimpinan dan guru-guru dikategorikan aktif baik dalam persiapan, pelaksanaan, maupun pengevaluasian kegiatan peningkatan mutu pendidikan di MAN 2 Padang Lawas. Komunikasi rutin secara internal dan eksternal melalui rapat, sumber daya yang berkualitas, sumber dana yang berasal dari BOS, SPP, dan bantuan lain, serta adanya sarana prasarana yang cukup memadai.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022