cover
Contact Name
Mursal Aziz
Contact Email
mursalaziz7@gmail.com
Phone
+6285361163293
Journal Mail Official
mursalaziz7@gmail.com
Editorial Address
http://jurnal.stit-al-ittihadiyahlabura.ac.id/index.php/bunayya/about/editorialTeam
Location
Kab. labuhanbatu utara,
Sumatera utara
INDONESIA
Bunayya: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
ISSN : 27983757     EISSN : 27210561     DOI : -
Core Subject : Education,
Bunayya: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah adalah jurnal yang diterbitkan oleg Prodi PGMI STIT Al-Ittihadiyah Labuhanbatu Utara yang terbit 4 kali dalam setahun. adapun edisinya yaitu: Januari – Maret, April - Juni, Juli-September, Oktober – Desember.
Articles 95 Documents
Urgensitas Pendidikan Akhlak Bagi Anak Usia Dasar (Studi Era Darurat Covid 19) Assingkily, Muhammad Shaleh; Miswar, Miswar
Bunayya: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol 1 No 1 (2020): Maret (2020)
Publisher : Prodi PGMI STIT Al-Ittihadiyah Labuhanbatu Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (556.76 KB)

Abstract

Akhlak itu “mewarnai” lingkungan. Setiap masa, termasuk era “darurat Covid-19”, dibutuhkan upaya penanaman akhlak bagi anak usia dasar sebagai pelanjut estafet “khalifah di bumi”. Tulisan ini mengkaji urgensitas penanaman akhlak bagi anak usia dasar di era darurat Covid 19. Adapun rumusan masalah penelitian difokuskan kepada bagaimana upaya dan urgensitas penanaman akhlak bagi anak usia dasar di era darurat Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penanaman akhlak merupakan hal urgen yang patut diberikan sejak usia dasar kepada anak. Hal ini ditandai dengan upaya pemenuhan tuntutan zaman dengan 4 (empat) aspek yakni (1) pendidikan meng-upgrade kualitas kurikulum, (2) memberikan internalisasi nilai (values), (3) menumbuhkan kesadaran adanya perubahan masa, dan (4) membawa siswa menemukan konsep diri.
MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) JENJANG PENDIDIKAN DASAR (Studi Kasus di SMP Negeri 3 Panyabungan) Magdalena, Magdalena; Hikayat, Sohibul
Bunayya: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol 1 No 1 (2020): Maret (2020)
Publisher : Prodi PGMI STIT Al-Ittihadiyah Labuhanbatu Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (309.48 KB)

Abstract

Pembelajaran merupakan proses inti terwujudnya kegiatan pendidikan. Untuk itu, perlu manajemen pembelajaran yang baik, sehingga tercapai tujuan pendidikan. Tulisan ini bertujuan untuk membahas manajemen pembelajaran PAI di SMPN 3 Panyabungan. Formulasi kajian ini difokuskan pada bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran PAI di SMPN 3 Panyabungan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Adapun pemerolehan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen pembelajaran PAI di SMPN 3 Panyabungan terlaksana dengan baik. Begitupun, hendaknya manajemen yang dibangun pimpinan dan para guru tidak hanya sebatas kemauan sendiri, tetapi harus bersatu padu dalam penerapannya berdasarkan kesadaran, motivasi dan kemauan dalam pelaksanaan, yang bertujuan untuk kemajuan pendidikan Islam yang ada di Sekolah tersebut.
KEBIJAKAN PENGEMBANGAN MUTU GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN PADA LEMBAGA PENDIDIKAN DASAR ISLAM (Studi Kasus di MTs Islamiyah Padang Garugur) Erawadi, Erawadi; Harahap, Rosna Leli
Bunayya: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol 1 No 1 (2020): Maret (2020)
Publisher : Prodi PGMI STIT Al-Ittihadiyah Labuhanbatu Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (353.32 KB)

Abstract

Mutu merupakan jaminan legalitas administratif dan kualitas pembelajaran di suatu lembaga pendidikan. Tulisan ini bertujuan untuk mengkaji kebijakan pengembangan mutu guru dan tenaga kependidikan pada lembaga pendidikan dasar Islam. Maka dari itu, rumusan masalah penelitian ini menganalisa bagaimana tahapan, proses, dan keterlibatan personil madrasah dalam menetapkan kebijakan pengembangan mutu guru dan tenaga kependidikan Islam di MTs Swasta Islamiyah Padang Garugur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data diperoleh melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi dari pihak terkait dalam kepentingan data penelitian. Informan dalam penelitian ini yaitu, kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan guru-guru mata pelajaran PAI. Selanjutnya adapun hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa kebijakan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu guru dan tenaga kependidikan diawali dengan perencanaan dan kemudian merumuskan rencana dan melaksanakannya. Adapun perencanaan yang dirumuskan kepala sekolah yaitu (1) merumuskan tujuan; (2) merumuskan komponen-komponen dan aturan-aturan penting; (3) melaksanakan kebijakan. Dalam merumuskan suatu kebijakan, kepala madrasah melakukan musyawarah terlebih dahulu dengan para guru dan staf yang bersangkutan.
MANAJEMEN KINERJA GURU DI MIN 2 PADANGSIDIMPUAN Syafaruddin, Syafaruddin; Nuddin, Muhammad; Salim, Salim
Bunayya: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol 1 No 1 (2020): Maret (2020)
Publisher : Prodi PGMI STIT Al-Ittihadiyah Labuhanbatu Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (286.782 KB)

Abstract

Performance, the true results of the planning and process. Likewise, performance management is important to be carried out at educational institutions, especially the basic education units at the MI/SD level. This paper aims to examine empirically the management of teacher performance in MIN 2 Padangsidimpuan. The focus of the study includes planning, implementing programs, and evaluating teacher performance in MIN 2 Padangsidimpuan. This research uses a naturalistic approach. The collection technique is done by interview, observation, and document review. Next, the data are analyzed through data reduction, data exposure, and drawing conclusions. Data validity is guaranteed by source triangulation techniques and methods. The results of this study indicate that (1) teacher performance planning by conducting teacher performance planning meetings conducted before the new school year begins so that it does not interfere with learning activities. In this activity the division of tasks is carried out according to the teaching decree and the teachers prepare learning tools, especially the lesson plan (RPP), including the media, learning material resources, and evaluation instruments. (2) the implementation of the teacher’s performance program has been running according to the division of tasks and procedures for implementing learning as stipulated in the Decree and roster, as well as conducting a faceprint in accordance with administrative provisions in the madrasa as determined by the Ministry of Religion. (3) evaluation of teacher performance is done through an assessment of lesson plans and learning tools, a list of teaching attendance from the teacher’s faceprint, reporting of learning activities, and reports of student learning outcomes that are in the report card and teacher’s notes.
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BAGI MURID DI MADRASAH IBTIDAIYAH Zunidar, Zunidar
Bunayya: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol 1 No 1 (2020): Maret (2020)
Publisher : Prodi PGMI STIT Al-Ittihadiyah Labuhanbatu Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (251.145 KB)

Abstract

Keberadaan madrasah ibtidaiyah setara dengan sekolah dasar sebagai bagian dari pendidikan dasar. Kegiatan inti sekolah atau madrasah adalah pembelajaran. Anak-anak yang didaftarkan orang tuanya ke madrasah ibtidaiyah adalah supaya anak dapat dengan mudah mempelajari sejumlah mata pelajaran dasar yang penting sehingga anak menjadi anak yang sholeh. Dengan kata lain anak yang belajar akan menjadi orang dewasa, karena mereka menguasai sejumlah mata pelajaran, atau pengetahuan yang diperlukan sesuai kurikulum untuk hidup di masyarakat, atau melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi. Untuk itu efektivitas pembelajaran menjadi tugas guru, karena itu diperlukan guru profesional yang mampu mewujudkan pembelajaran yang berhasil, khususnya dilihat dari perubahan perilaku murid, baik kognitif, afektif, dan psikomotorik.
INTERNALISASI KARAKTER MELALUI PENDIDIKAN ISLAM PADA PENDIDIKAN DASAR ANAK M.Pd, Toni Nasution
Bunayya: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol 1 No 2 (2020): Juni (2020)
Publisher : Prodi PGMI STIT Al-Ittihadiyah Labuhanbatu Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (228.014 KB)

Abstract

Abstract: Character becomes a reflection of education in basic education of children, so that characters that tend to be able to become role models and intact personalities as a true example are taken care of and developed in the concept of children's basic education. In line with this, Islamic education is a guide for future generations of children as adherents of the Islamic faith as a religion that is haq for every Muslim. This means that Islamic education in basic education should be instilled early on so that through Islamic education students are able to know themselves and their gods and their rights and obligations to become personal characters, competent, and responsible. For this reason, the existence of this article is able to open up the discourse of thinking we see the moral and character damage of today's children. That the facts in the field show that it is easier for children to understand briefly about mobile / Gagget than to be honest in their daily lives. This is a matter of character that must be considered in the world of Islamic education. Through Islamic education the characters are instilled so that they are able to be independent, honest and devoted. Key Word: Character, Islamic Education and Basic Education Abstrak: Karakter menjadi cerminan pendidikan dalam pendidikan dasar anak, sehingga dengan karakter yang cenderung mampu menjadi tauladan dan kepribadian yang utuh sebagai contoh sejatinya di jaga serta ditumbuh kembangkan dalam konsep pendidikan dasar anak. Sejalan dengan hal tersebut bahwa pendidikan islam menjadi jalan petunjuk bagi generasi masa depan anak sebagai penganut kepercayaan Islam sebagai agama yang haq bagi setiap muslim. Artinya bahwa pendidikan islam pada pendidikan dasar sejak dini sudah seharusnya di tanamkan sehingga melalui pendidikan islam tersebut siswa mampu mengenal dirinya dan tuhannya serta hak dan kewajibannya agar menjadi pribadi yang berkarakter, kompeten, dan bertanggungjawab. Untuk itu dengan adanya tulisan ini mampu membuka wacana berpikir kita melihat rusaknya moral dan karakter anak-anak masa kini. Bahwa fakta dilapangan menunjukkan anak-anak lebih mudah memaha secara singkat mobile/Gagget dari pada berlaku jujur dalam kehidupan sehari-hari. Hal tersebut menjadi persoalan karakter yang harus di perhatikan dalam dunia pendidikan islam. Melalui pendidikan Islam karakter di tanamkan sehingga mampu mandiri, jujur dan bertaqwa. Kata Kunci: Karakter, Pendidikan Islam dan Pendidikan Dasar
MANAJEMEN PEMBELAJARAN ALQURAN SISWA KELAS I MIS AL-AFKARI PADA MASA COVID 19 Nasution, Zulkipli
Bunayya: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol 1 No 2 (2020): Juni (2020)
Publisher : Prodi PGMI STIT Al-Ittihadiyah Labuhanbatu Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (354.956 KB)

Abstract

The learning of the Koran carried out at MIS Al-Afkari is one of the main lessons at the elementary level. Learning will be maximized when supported by good learning management. The management of learning that is carried out greatly determines the success of learning objectives that have been set. The urgency of learning management will be even more important when faced with obstacles that are passed in the learning process with limitations owned by students in the learning process, either due to the level of students still in grade 1 or learning limitations due to the covid 19. Conditions with the condition of learning limitations caused by covid 19 and age who are still young, of course the learning process of the Koran class 1 students must be managed well, so that the role of learning management functions well even with the obstacles encountered in the learning process of the Koran. The formulation of the problem in this study is how the management of learning the Koran of students of class 1 MIS Al-Afkari Batang Quiz during covid 19. The purpose of this study is to find out how the learning management elements of class 1 MIS Al-Afkari students, including: planning, organizing, implementing and implementing evaluation in learning the Koran students grade 1 MIS Al-Afkari Batang Quiz on covid 19.
KOMUNIKASI EFEKTIF DALAM PEMBELAJARAN USIA KANAK-KANAK PERSPEKTIF ISLAM MS, Amiruddin
Bunayya: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol 1 No 2 (2020): Juni (2020)
Publisher : Prodi PGMI STIT Al-Ittihadiyah Labuhanbatu Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (326.573 KB)

Abstract

Islam as a hanif religion provides signs to communicate with children in the learning process. The formulation of this research problem is focused on effective communication efforts in the learning process for children according to Islamic perspectives. This research uses a qualitative approach with the literature study method. The results of this study indicate that effective communication that can be carried out in the learning process of childhood according to an Islamic perspective, are: 1) communicating with support / acceptance; 2) use the door opener; 3) listen attentively; 4) use the statement "you" to reflect children's ideas and feelings; 5) omit the word "don't"; and 6) talking with children (not talking to children).
MANAJEMEN KELAS DAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN Pohan, Sermal
Bunayya: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol 1 No 2 (2020): Juni (2020)
Publisher : Prodi PGMI STIT Al-Ittihadiyah Labuhanbatu Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (252.283 KB)

Abstract

efektivitas pembelajaran, sebab guru adalah manajer dan pemimpin didalam kelas yang menjadi tempat dia mengajarkan mata pelajaran untuk perubahan perilaku anak didik. Pada prinsipnya manajemen pembelajaran lebih luas kajiannya daripada manajemen kelas, oleh sebab itu, kedudukan manajemen kelas hanya terbatas pada penguasaan pengetahuan oleh guru tentang penataan ruang kelas secara pisik, format interaksi belajar antara guru dan siswa, serta disiplin penggunaan waktu dan strategi mengaktifkan siswa untuk belajar atau iklim kelas dalam mencapai tujuan secara efektif dan efisien.
PEMBELAJARAN INOVATIF PADA PENDIDIKAN DASAR Asrul, Asrul
Bunayya: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol 1 No 2 (2020): Juni (2020)
Publisher : Prodi PGMI STIT Al-Ittihadiyah Labuhanbatu Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (234.417 KB)

Abstract

Pembelajaran memiliki fungsi strategis dalam mencapai tujuan pendidikan pada semua jenjang dan satuan pendidikan di sekolah. Oleh sebab itu, pelaksanaan pembelajaran yang dikelola oleh guru harus sesuai dengan usia anak-anak yang belajar di sekolah, khususnya yang melaksanakan pendidikan dasar. Lingkungan eksternal sekolah meniscayakan pembelajaran harus inovatif, sebab kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi factor yang harus dimanfaatkan untuk memajukan model-model pembelajaran. Pembelajaan konvensional yang berpusat kepada guru diubah menjadi pembelajaran berpusat kepada anak didik. Dengan demikian pembelajaran inovatif yang didasarkan kepada membangun kreativitas anak didik menjadi penting dirancang dan dikelola guru untuk mengubah perilaku anak supaya memiliki keterampilan berpikir tingkat tinggi dalam memecahkan masalah kehidupan dengan ilmu pengetahuan yang dikuasainya.

Page 1 of 10 | Total Record : 95