Penelitian ini didasarkan oleh sitem pendidikan TPA yang masih tradisional, sehingga membutuhkan pembaruan dalam model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk merancang desain konsep pembelajaran TPA yang berbasis penanaman karakter pada anak di TPA Al-Karim, Dusun Ngandong, Girikerto, Yogyakarta. Desain konsep pembelajaran yang disusun didasarkan pada pengamatan peneliti terhadap proses pembelajaran TPA yang sudah berlangsung dengan menyesuaikan kemampuan santri dan keadaan lingkungan TPA. Desain Konsep Pembelajaran yang disusun dirancang untuk diterapkan selam dua bulan yang terdiri dari Standar Kompetensi Lulusan, Kompetensi Dasar, Rancangan Materi Pembelajaran dan Draf Budaya. Berdasarkan pengamatan dari hasil penerapan Desain Konsep Pembelajaran yang sudah dilaksanakan, terjadi peningkatan jumlah santri TPA Al-Karim Dusun Ngandong, serta juga terjadi pembiasaan-pembiasaan akhlak yang baik selama proses pembelajaran TPA berlangsung dengan menggunakan pedoman Draft Budaya.
Copyrights © 2019