Pendidikan karakter sebagai bahan ajar untuk mempersiapkan generasi dimasa yang akan datang. Pendekatan yang digunakan juga sangatlah beragam salah satunya adalah dengan nilai-nilai kearifan lokal yang sangat beragam di Indonesia. Permasalahan yang ditimbulkan saat ini adalah kurangnya apresiasi dan minat untuk mengetahui dan mengamalkan nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari melainkan lebih senang dan bangga menggunakan budaya barat yang banyak menyimpang dan berbeda dengan struktur masyarakat. Penelitian ini akan mendeskripsikan Implementasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Dalam Pendidikan Karakter Di SD Negeri Gurabunga, Tidore, Maluku Utara. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis analisis deskriptif. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapaun kesimpulan dari penelitian ini adalah Pada penelitian ini penulis dapat menyimpulan bahwa pada pengimplemetasian nilai-nilai kearifan lokal dalam membentuk pendidikan karakter yaitu melalui mata pelajaran muatan lokal yang mengajarkan borero-borerogosimo, bahasa, tarian dan adat se atorang. Khsusunya di SD Negeri Gurabunga sangat ditekankan pada borero gosimo dan adat se atorang. Dan juga pada implementasi nilainilai kearifan lokal pada pendidikan karakter yang dilakukan yaitu pada mata pelajaran terkait seperti mata pelajaran muatan lokal dan pendidikan kewarganegaraan.
Copyrights © 2022