Jurnal Riset sosial humaniora, dan Pendidikan (Soshumdik)
Vol. 1 No. 3 (2022): September: Jurnal Riset sosial humaniora, dan Pendidikan

DETERMINAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUALITAS LAPORAN KEUANGAN FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS DIPONEGORO

Djuwartini (Universitas 17 Agustus 1945 Semarang)
Prihatin Tiyanto (Universitas 17 Agustus 1945 Semarang)
Sri Suyati (Universitas 17 Agustus 1945 Semarang)



Article Info

Publish Date
20 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan latar belakang penurunan kualitas laporan keuangan yang diterbitkan oleh lembaga sektor publik. Fakultas Kedokteran sebagai salah satu institusi sektor publik yang menghasilkan tenaga kesehatan perlu memiliki laporan keuangan yang berkualitas agar operasional institusi dapat terlaksana dengan baik. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh pegawai staf fakultas kedokteran Universitas Diponegoro. Variabel yang diteliti adalah komitmen kepemimpinan, kompetensi SDM dan sistem informasi sebagai variabel independen, kemudian kualitas laporan keuangan sebagai variabel dependen dan manajemen aset sebagai variabel mediasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian membuktikan bahwa kepemimpinan, kompetensi SDM, dan sistem informasi berpengaruh signifikan terhadap manajemen aset. Selain itu, kepemimpinan, kompetensi SDM, sistem informasi, dan manajemen aset terbukti berpengaruh signifikan terhadap kualitas laporan keuangan. Uji mediasi telah membuktikan bahwa manajemen aset dapat menjadi mediator pengaruh kepemimpinan, kompetensi SDM dan sistem informasi terhadap kualitas laporan keuangan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

soshumdik

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

SOSHUMDIK: Jurnal Riset Sosial Humaniora, dan Pendidikan adalah jurnal yang ditujukan untuk publikasi artikel ilmiah yang diterbitkan oleh Universitas 17 Agustus 1945 Semarang. Jurnal ini adalah jurnal studi ilmu-ilmu Sosial humaniora dan pendidikan yang bersifat peer-review dan terbuka. Bidang ...