cover
Contact Name
Honorata Ratnawati Dwi Putranti
Contact Email
lpkdgeneration2022@gmail.com
Phone
+6281326102238
Journal Mail Official
honorata-ratnawati@untagsmg.ac.id
Editorial Address
Jln Bendan Dhuwur, Kecamatan Gajahmungkur, Semarang, Provinsi Jawa Tengah, 50233
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Riset sosial humaniora, dan Pendidikan (Soshumdik)
ISSN : 29637384     EISSN : 29637376     DOI : https://doi.org/10.56444/soshumdik.v1i2
Core Subject : Social,
SOSHUMDIK: Jurnal Riset Sosial Humaniora, dan Pendidikan adalah jurnal yang ditujukan untuk publikasi artikel ilmiah yang diterbitkan oleh Universitas 17 Agustus 1945 Semarang. Jurnal ini adalah jurnal studi ilmu-ilmu Sosial humaniora dan pendidikan yang bersifat peer-review dan terbuka. Bidang kajian dalam jurnal ini termasuk linguistik, sastra, filsafat, psikologi, hukum, pendidikan, sosial dan studi budaya. Jurnal Riset Sosial Humaniora, dan Pendidikan menerima makalah dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, jurnal ini diterbitkan 4 kali setahun: March, June, September and December.
Articles 212 Documents
PENGARUH DISIPLIN KERJA DAN MOTIVASI VOLUNTEER TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. GLOBAL ARROW CABANG SEMARANG: FFECT OF WORK DISCIPLINE AND VOLUNTEER MOTIVATION ON EMPLOYEE PERFORMANCE OF PT. GLOBAL ARROW SEMARANG BRANCH Andrianto; Honorata Ratnawati Dwi Putranti
Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Pendidikan Vol. 1 No. 2 (2022): Juni : Jurnal Riset sosial humaniora, dan pendidikan
Publisher : LPPM Universitas 17 Agustus 1945 Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1428.408 KB) | DOI: 10.56444/soshumdik.v1i2.20

Abstract

Penelitian ini membahas pengaruh disiplin kerja dan motivasi volunter pada PT. Global Arrow Semarang yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh disiplin kerja dan motivasi volunteer terhadap kinerja karyawan. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan PT. Global Arrow Semarang, sebanyak 214 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. Global Arrow Semarang. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner, wawancara dan observasi langsung di lapangan. Metode pengambilan sampel akan dianalisis menggunakan Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Analisis Regresi Linear Berganda, Uji Normalitas, Uji Asumsi Klasik, Uji Goodnes of Fit (Uji Model) dan Uji Hipotesis. Adapun temuan dalam penelitian ini adalah, pertama, disiplin kerja berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan di PT. Global Arrow, kedua motivasi volunteer berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan di PT. Global Arrow.Kata kunci: Computer Numeric Control ( CNC ), Material Fabrikasi, Karya Arsitektur
PENGARUH LINGKUNGAN KERJA NON FISIK DAN KOMPENSASI TERHADAP RETENSI KARYAWAN DI PT KHARISMA ASIA MAKMUR: THE EFFECT OF NON PHYSICAL WORK ENVIRONMENT AND COMPENSATION ON EMPLOYEE RETENTION AT PT KHARISMA ASIA MAKMUR Yohanes Ronaldo Ngazo; Honorata Ratnawati Dwi Putranti
Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Pendidikan Vol. 1 No. 2 (2022): Juni : Jurnal Riset sosial humaniora, dan pendidikan
Publisher : LPPM Universitas 17 Agustus 1945 Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1478.43 KB) | DOI: 10.56444/soshumdik.v1i2.21

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan kerja non fisik dan kompensasi terhadap retensi karyawan baik secara simultan maupun parsial. Penelitian ini dilakukan di PT Kharisma Asia Makmur Kalimantan Barat. Pengumpulan data dilakukan dengan cara membagikan kuesioner. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah karyawan PT Kharisma Asia Makmur yang berjumlah 55 orang. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda yang diolah menggunakan program IBM SPSS Statistic versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan kerja non fisik dan kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap retensi karyawan, maka semakin baik lingkungan kerja non fisik dan kompensasi maka retensi karyawan meningkat.
PERAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN KOMPENSASI TERHADAP PENINGKATAN KINERJA KARYAWAN (Studi Pada PT. Jasindo dan PT. Jasindo Syariah): THE ROLE OF LEADERSHIP TRANSFORMATION AND COMPENSATION FOR EMPLOYEE PERFORMANCE IMPROVEMENT (Study at PT. Jasindo and PT. Jasindo Syariah) Heru Permana; Honorata Ratnawati Dwi Putranti
Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Pendidikan Vol. 1 No. 2 (2022): Juni : Jurnal Riset sosial humaniora, dan pendidikan
Publisher : LPPM Universitas 17 Agustus 1945 Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1317.277 KB) | DOI: 10.56444/soshumdik.v1i2.22

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan transformasional dan kompensasi terhadap kinerja karyawan. Populasi dan sampel yang digunakan adalah karyawan group asuransi yang terletak di Jl. Sultan Agung No. 110, Semarang yaitu PT. Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) yang berjumlah 31 orang dan karyawan PT. Jasindo Syariah yang berjumlah 16 orang atau total sebanyak 47 karyawan. Metode pengumpulan dengan data primer (kuesioner) dan sekunder (studi pustaka). Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, dengan sebelumnya diuji dengan uji instrumen dan uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1). Kepemimpinan Transformasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Karyawan. 2). Kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Karyawan.
ANALISIS KECERDASAN MAJEMUK PADA BUKU AJAR SISWA KELAS III KURIKULUM 2013 Alma Eka Rakhmawati; Muhamad Rizki Mubarok; Dede Indra Setiabudi
Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2022): Maret : Jurnal Riset sosial humaniora, dan pendidikan
Publisher : LPPM Universitas 17 Agustus 1945 Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1317.674 KB) | DOI: 10.56444/soshumdik.v1i1.68

Abstract

This study aims to: 1) describe the multiple intelligences seen in student activities in the third grade 2013 curriculum; and 2) explain the development of multiple intelligences that have not been seen in student activities in the textbooks for class III students of the 2013 curriculum. The research conducted is included in the type of qualitative research. The data collection method used is literature study and discussion with colleagues. The results of the analysis of the thematic book for class III Objects Around Me 2013 curriculum that aspects of multiple intelligences have not been raised or developed as a whole. This can be seen in sub-theme 1 of intelligence that appears more dominant, namely linguistic intelligence and interpersonal intelligence, while intelligence that is not at all raised is naturalist intelligence. In sub-theme 2, visual-spatial intelligence and interpersonal intelligence are dominantly developed, and musical intelligence is not developed at all. Meanwhile, the 3 intelligence sub-themes that often appear are linguistic intelligence and intrapersonal intelligence, besides that musical intelligence has not yet been raised. And sub-theme 4 has visual-spatial intelligence and interpersonal intelligence that are often raised in student activities, the intelligence that is still lacking and has not been raised is musical intelligence. So that the results of the study can be concluded that in general the activities contained in the class III curriculum 2013 textbooks are able to develop eight intelligences.
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK PADA PELAJARAN MATEMATIKA Indah Hafizhah; Ikhwan Aldi Wardana; Dede Indra Setiabudi
Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2022): Maret : Jurnal Riset sosial humaniora, dan pendidikan
Publisher : LPPM Universitas 17 Agustus 1945 Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1394.373 KB) | DOI: 10.56444/soshumdik.v1i1.69

Abstract

Strategi yang dilakukan oleh guru dalam menentukan metode pelajaran yang digunakan dalam pembelajaran matematika salah satunya yaitu, dengan menggunakan metode quantum learning. Dengan metode ini guru dapat mencakup penanaman konsep matematika yang kreatif dan menyenangkan, sehingga proses pembelajaran yang dilakukan sangat bervariasi dan terukur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika menggunakan metode Quantum. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif deskriptif menyusun data yang terkumpul dari wawancara dengan reduksi data dan melakukan meta-analisis jurnal, melalui berbagai macam jurnal yang berhubungan dengan variabel penelitian dikumpulkan kemudian dikaji dan ditarik suatu kesimpulan. Hasil kajian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika efektif jika menggunakan metode quantum learning dampaknya adalah adanya peningkatan belajar pada setiap siswa secara garis besar, peningkatan yang terlihat adalah siswa lebih kritis, lebih berekspresi dan semangat ketika belajar, hal ini sangat berguna untuk meningkatkan psikomotorik pada anak. Namun, menurut narasumber metode ini penerapannya masih 90% untuk saat ini kendala yang dihadapi hanya alokasi waktu Karena di sekolah tersebut sangat terbatas dan membutuhkan waktu lebih lama agar anak dapat mengeksplorasi lebih banyak tentang konsep matematika yang diajarkan. Dan guru selalu berupaya untuk menggali informasi dan pengetahuan sebanyak-banyaknya agar dapat diterapkan dalam pembelajaran.
PEMBIASAAN PENDIDIKAN MUATAN LOKAL NYUNDA DALAM MEMBANGUN KARAKTER CINTA TANAH AIR PADA SISWA SD/MI Fadiyah Nur Afifah; Zahira Nadya Hanifa; Dede Indra Setiabudi
Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2022): Maret : Jurnal Riset sosial humaniora, dan pendidikan
Publisher : LPPM Universitas 17 Agustus 1945 Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1341.638 KB) | DOI: 10.56444/soshumdik.v1i1.70

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembiasaan Pendidikan muatan lokal nyunda dalam membangun karakter cinta tanah air yang tujuan utamanya agar anak tidak melupakan budaya daerah asalnya yang semata – mata untuk mempertahankan budaya asli. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara di sekolah SDN 213 babakan ciparay. Keabsahan data menggunakan uji kredibilitas. Kegiatan analisis data dimulai dari pengumpulan data hasil observasi, wawancara, penginterpretasian data, dan pengecekan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembiasaan Pendidikan muatan lokal ‘nyunda’ tersebut membuat anak tetap mengenal Bahasa daerah, makanan daerah, permainan daerah, dan tata krama daerah ditengah gencarnya budaya luar yang kian masuk ke tanah air. Setelah melakukan penelitian mengenai pembiasaan Pendidikan muatan lokal ‘nyunda’ dalam membangun karakter cinta tanah air tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa begitu pentingnya pembiasaan muatan lokal di sekolah dasar sebagai usaha dalam menanamkan karakter cinta tanah air lewat budaya daerah agar generasi muda tidak lupa budaya daerah asalnya sehingga tetap mengenal dan melestarikan budaya daerahnya tersebut.
PENGEMBANGAN BUKU CERITA ANAK BERBASIS NILAI KARAKTER SEMANGAT KEBANGSAAN DAN CINTA TANAH AIR Lutfia Rosidah; Siti Hajar; Zasiyah Auliyatulloh; Dede Indra Setiabudi
Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2022): Maret : Jurnal Riset sosial humaniora, dan pendidikan
Publisher : LPPM Universitas 17 Agustus 1945 Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1349.988 KB) | DOI: 10.56444/soshumdik.v1i1.71

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh keterbatasan buku bacaan sebagai implementasi penanaman nilai karakter dan belum adanya pengembangan buku cerita anak berbasis nilai karakter semangat kebangsaan dan cinta tanah air. Anak usia Sekolah Dasar harusnya diberikan elective untuk menanamkan nilai karakter semangat kebangsaan dan cinta tanah air berupa buku cerita berbasis nilai karakter tersebut, dari pengembangan yang dilakukan dalam penelitian ini diharapkan mengembalikan nilai kebangsaan dan rasa cinta tanah air. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D yaitu pendefinisian (Characterize), Perencanaan (Plan), Pengembangan (Create) dan penyebaran (Dessiminate)Berdasarkan hasil validasi ahli media mendapatkan persentase rata 93.5% dengan kriteria "Sangat Layak". Hasil validasi ahli bahasa mendapatkan persentase 78.5% dengan kriteria "Layak". Hasil validasi ahli materi mendapatkan persentase 82.25% dengan kriteria"Sangat Layak. Hasil respon penilaian pendidik mendapatkan hasil akhir dengan persentase 84% dengan kriteria "Sangat Layak".
PENGEMBANGAN KOGNITIF PADA SISWA SEKOLAH DASAR DENGAN LITERATUR HARIAN Ramadhan Almadani; , Dede Indra Setiabudi
Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2022): Maret : Jurnal Riset sosial humaniora, dan pendidikan
Publisher : LPPM Universitas 17 Agustus 1945 Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1363.911 KB) | DOI: 10.56444/soshumdik.v1i1.72

Abstract

Orang tua memiliki persepsi terhadap pembelajaran di masa Covid-19 oleh sebab itu munculnya internet pada pembelajaran membuat orang tua peserta didik mempunyai kekhawatiran tersendiri terhadap peranan internet dalam hasil belajar peserta didik. Maka dari itu pada penelitian di dalam jurnal ini peneliti mencoba menggali persepsi orang tua dengan metode wawancara dan pengumpulan data berupa dekripsi kualittatif dengan pendekatan induktif dan teknik analisa naratif. Persepsi yang didapat dengan adanya peran internet dalam hasil belajar peserta didik adalah bahwa banyak orang tua yang mengeluhkan hasil belajar peserta didik turun karena penyalahgunaan internet dan kurangnya pendampingan orang tua dalam proses belajar mengajar di rumah sebab banyak kendala yang di dapatkan dengan adanya penggunaan internet. Salah satu faktor kendala adalah tidak semua orang tua paham penggunaan internet, kurangnya kuota dan signal yang tidak memungkinkan sehingga banyak miscommunication antara pengajar dan peserta didik. Terlebih lagi banyak peserta didik yang malas untuk mengerjakan tugas rumah dan mengandalkan orang tua serta internet .
PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYONGSONG KURIKULUM MERDEKA BELAJAR Annisa Alfath; Fara Nur Azizah; Dede Indra Setiabudi
Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Pendidikan Vol. 1 No. 2 (2022): Juni : Jurnal Riset sosial humaniora, dan pendidikan
Publisher : LPPM Universitas 17 Agustus 1945 Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1380.897 KB) | DOI: 10.56444/soshumdik.v1i2.73

Abstract

Pendidikan merupakan suatu proses tranformasi ilmu pengetahuan dari pendidik kepada peserta didik. Guru sebagai garda terdepan dalam menjalankan roda pendidikan memiliki peran yang penting untuk menentukan generasi berkualitas yang berakhlakul karimah. Berdasarkan program yang dicetuskan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim mengenai kurikulum Merdeka belajar memiliki makna bahwa siswa berhak berfikir secara kreatif dalam mencari pengetahuan dari berbagai sumber untuk mewujudkan pembelajaran yang bermutu serta sanggup bersaing dalam arus perkembangan globalisasi. Dalam rangka menyongsong program merdeka belajar, peningkatan mutu pendidikan terus diupayakan dengan adanya pengembangan kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi professional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitiatif deskriptif dengan metode studi pustaka dan teknik analisis konten (content analysis) untuk menghasilkan data yang relavan.
PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR Ahda Aulia Fajriah; Halimatu Sadiah; Dede Indra Setiabudi
Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Pendidikan Vol. 1 No. 2 (2022): Juni : Jurnal Riset sosial humaniora, dan pendidikan
Publisher : LPPM Universitas 17 Agustus 1945 Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1290.406 KB) | DOI: 10.56444/soshumdik.v1i2.74

Abstract

Media pembelajaran merupakan hal yang terpenting dalam tercapainya tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ulang media pembelajaran berupa media Pop-Up Book untuk membantu ketercapainnya tujuan pembelajaran di kelas. Penggunaan media Pop-Up Book dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan, keterterapan serta kefektifitasan media Pop-Up Book dalam pembejaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengefektifkan penggunaan media pembelajaran Pop-Up Book dalam meningkatkan hasil belajar siswa SD. Penelitian ini menggunakan metode Analisis meta yaitu menganalisis hasil penelitian sebelumnya. Data tersebut diperoleh dengan cara menelusuri jurnal-jurnal online melalui google scholer dengan kata kunci Media Pembelajaran Pop-Up Book, Hasil Belajar, Sekolah Dasar. Dari penelusuran tersebut kemudian hasil penilaian dihitung rata ratanya untuk mengetahui validitas media pop-up book yang telah dibuat. Dari hasil penilaian5 jurnal itu, diperoleh skor rata-rata sebesar 4.68 dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pop-up book dalam meningkatkan hasil belajar siswa di sekolah dasar sudah valid dengan kategori sangat baik.

Page 1 of 22 | Total Record : 212