Kasta: Jurnal Ilmu Sosial, Agama, Budaya dan Terapan
Vol. 2 No. 1 (2022): APRIL

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF COURSE REVIEW HORAY TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP MATERI KEBERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS V SD TAHUN AJARAN 2021/ 2022

Novia Widiarti (Unknown)
Baiq Liana Widiyanti (Unknown)
Muh. Fahrurrozi (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif course review horay terhadap motivasi dan pemahaman konsep materi keragaman suku bangsa dan budaya pada pelajaran IPS kelas V tahun ajaran 2021/ 2022”. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 1 Semaya tahun ajaran 2021/ 2022. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik sampling jenuh. Kelas V A sebagai kelas eksperimen, sedangkan kelas V B sebagai kelas kontrol. Rancangan penelitian yang digunakan adalah posttest only control design. Teknik pengumpulan data menggunakan non tes dan tes. Instrument yang digunakan adalah lembar angket dan lembar observasi untuk non tes dan soal uraian untuk tes. Teknik analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif course review horay dapat meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman konsep siswa. Hal ini dibuktikan dari nilai rata-rata angket yang dicapai siswa yaitu untuk kelas ksperimen 39,44 dan kelas kontrol 36,94 dan untuk posttest nilai rata-rata kelas eksperimen 66,67 dan kelas control 59,71. Untuk uji prasyarat data dilakukan dengan uji normalitas data dengan chi-kuadrat, uji homogenitas data dengan uji F, sedangkan untuk teknik uji hipotesis menggunakan analisis uji t-test. Untuk hasil uji hipotesis untuk angket diperoleh Sig. (2-tailed) 0,078 dan Sig. (2-tailed) 0,090 untuk posttes. Hal ini berarti bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran koopertaif course review horay terhadap motivasi belajar dan pemahaman konsep siswa materi keberagaman suku bangsa dan budaya pada pembelajaran IPS kelas V SD tahun ajaran 2021/2022

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

kasta

Publisher

Subject

Education

Description

KASTA adalah Jurnal Ilmu Sosial, Agama, Budaya dan Terapan dibawah lembaga Bale Literasi . Jurnal ini terbit tiga kali setahun, yaitu bulan April,Agustus dan Desember, ini memuat tentang ilmu-ilmu sosial, keagamaan, baik dalam pemikiran Islam,dan kajian Islam lainnya, kajian tetang budaya serta ilmu ...