Damhil Education Journal
Vol 1, No 2 (2021)

KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI SMA DAN MADRASA ALIYAH KECAMATAN BOLANO LAMBUNU

YUDI IRMANTO (Prodi Pendidikan Biologi, Pascasarjana, Universitas Negeri Gorontalo)
RAMLI UTINA (Prodi Pendidikan Biologi, Pascasarjana, Universitas Negeri Gorontalo)
YUSNA AHMAD (Prodi Pendidikan Biologi, Pascasarjana, Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2021

Abstract

Tujuan dari kajian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan literasi sains siswa pada materi ekosistem yang terdiri atas empat kategori yaitu, nominal, fungsional, konseptual, dan multidimensional. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah SMA N 1 Bolano lambunu, SMA N 1 Bolano dan MA N 1 Parigi. Sampel penelitian berjumlah 30 siswa untuk setiap sekolah yang dipilih melalui random sampling. Hasil penelitian berdasarkan analisis deskriptif dan triangulasi data menunjukan bahwa peserta didik di kecamatan bolano lambunu masih kurang maksimal dalam menjawab soal-soal literasi sains. Terbukti bahwa dari empat tingkatan kemampuan literasi sains yaitu literasi nominal, fungsional, konseptual dan multidimensional, siswa hanya mampu menjawab sampai pada tahap kemampuan literasi sains nominal, fungsional dan konseptual dengan nilai persentase kemampuan literasi nominal yaitu 53% - 71%, literasi fungsional yaitu 12% - 31%, literasi konseptual yaitu 16% dan tidak ada peserta didik yang mampu sampai tahap multidimensional. Hal tersebut menandakan bahwa kemampuan literasi sains siswa di Sekolah Menengah Atas dan Madrasah Aliyah Kecamatan Bolano Lambunu masih sangat rendah karena belum maksmalnya guru dalam melakukan pembelajaran yang eksplisit dalam melatih keterampilan proses sains.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

DEJ

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Damhil Education Journal with E-ISSN 2776-2505 (Online), P-ISSN 2776-8228 is published by the Education Study Program of the Postgraduate Doctoral Program at Gorontalo State University. Damhil Education Journal is an e-journal as a publication media for academics, researchers, and practitioners in ...