Unisia
Vol. 37 No. 82 (2015)

Sikap Siswa Reguler Terhadap Siswa Berkebutuhan Khusus Dan Kecenderungan Bullying Di Kelas Inklusi

Uswatun Hasanah (Unknown)
Ni’matuzahroh Ni’matuzahroh (Unknown)
Yuni Nurhamida (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Apr 2018

Abstract

Sikap merupakan kecenderungan untuk bertingkahlaku baik positif maupun negatifterhadap objek yang disikapi. Pada pendidikan inklusi siswa reguler diharapkan menerimaperbedaan yang dimiliki siswa berkebutuhan khusus. Siswa reguler dengan sikap negatifterhadap siswa berkebutuhan khusus akan memunculkan perilaku meremehkan dan pengucilansampai menimbulkan kecenderungan bullying. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubunganantara sikap siswa reguler terhadap siswa berkebutuhan khusus dengan kecenderunganbullying. Desain penelitian adalah kuantitatif korelasional dengan jumlah 200 subjek siswareguler sekolah inklusi tingkat SMP. Skala yang digunakan adalah skala sikap siswa regulerterhadap siswa berkebutuhan khusus dan skala kecenderungan bullying. Hasil penelitianmenunjukkan adanya hubungan negatif antara sikap siswa siswa reguler terhadap siswaberkebutuhan khusus dengan kecenderungan bullying yaitu (r= -0.234; p=0.000; p<0.01).Semakin negatif sikap siswa reguler terhadap siswa berkebutuhan khusus maka semakin tinggikecenderungan perilaku bullying begitupun sebaliknya.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

Unisia

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Unisia publishes research articles devoted to social sciences and humanities. The journal publishes current research on a broad range of topics, including religion, law, political science, sociology, psychology, economics, history, language, social work, geography, international studies, and women ...