Sikap merupakan kecenderungan untuk bertingkahlaku baik positif maupun negatifterhadap objek yang disikapi. Pada pendidikan inklusi siswa reguler diharapkan menerimaperbedaan yang dimiliki siswa berkebutuhan khusus. Siswa reguler dengan sikap negatifterhadap siswa berkebutuhan khusus akan memunculkan perilaku meremehkan dan pengucilansampai menimbulkan kecenderungan bullying. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubunganantara sikap siswa reguler terhadap siswa berkebutuhan khusus dengan kecenderunganbullying. Desain penelitian adalah kuantitatif korelasional dengan jumlah 200 subjek siswareguler sekolah inklusi tingkat SMP. Skala yang digunakan adalah skala sikap siswa regulerterhadap siswa berkebutuhan khusus dan skala kecenderungan bullying. Hasil penelitianmenunjukkan adanya hubungan negatif antara sikap siswa siswa reguler terhadap siswaberkebutuhan khusus dengan kecenderungan bullying yaitu (r= -0.234; p=0.000; p<0.01).Semakin negatif sikap siswa reguler terhadap siswa berkebutuhan khusus maka semakin tinggikecenderungan perilaku bullying begitupun sebaliknya.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2015