Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD IPS berbasis pendekatan saintifik dalam rangka meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif siswa. Data diperoleh dari kelas VI SDN 1 Soko dan kelas VI SDN Tunggulrejo, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban Jawa Timur. Metode penelitian memakai metode research and development (penelitian dan pengembangan). Metode ini dilakukan dalam siklus 4-D Thiagarajan dan Semmel (1974), yakni Define, Design, Develop, dan Deseminate. Hasil penelitian-pengembangan ini adalah 1.) LKPD yang dikembangkan dinyatakan sangat layak oleh validator baik segi materi dengan 87,5% maupun media dengan 88,2%. 2.) Tingkat keefektifan LKPD yang dikembangkan berdasarkan hasil presentase ketuntasan kelas eksperimen sebesar 93,1% dinyatakan sangat efektif. Sementara, tingkat efektifitas dengan nilai N-gain diperoleh 71,35%. Dengan demikian, LKPD IPS berbasis scientific approach dengan tema aktivitas ekonomi di lingkungan sekitar ini dinyatakan efektif dalam meningkatkan kreativitas dan kognitif siswa. Kata kunci : Pengembangan LKPD, IPS, Aktivitas Ekonomi, Berpikir Kreatif
Copyrights © 2021