Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 12 No 01 (2021): JPD - Jurnal Pendidikan Dasar

PENGEMBANGAN LKPD IPS BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KREATIF (STUDI KASUS SDN PUNGGULREJO DAN SDN SOKO 1 TUBAN JAWA TIMUR)

Mazroatul Hidayah (Universitas Negeri Surabaya)
Nasution Nasution (Universitas Negeri Surabaya)
Muhammad Turhan Yani (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2021

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD IPS berbasis pendekatan saintifik dalam rangka meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif siswa. Data diperoleh dari kelas VI SDN 1 Soko dan kelas VI SDN Tunggulrejo, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban Jawa Timur. Metode penelitian memakai metode research and development (penelitian dan pengembangan). Metode ini dilakukan dalam siklus 4-D Thiagarajan dan Semmel (1974), yakni Define, Design, Develop, dan Deseminate. Hasil penelitian-pengembangan ini adalah 1.) LKPD yang dikembangkan dinyatakan sangat layak oleh validator baik segi materi dengan 87,5% maupun media dengan 88,2%. 2.) Tingkat keefektifan LKPD yang dikembangkan berdasarkan hasil presentase ketuntasan kelas eksperimen sebesar 93,1% dinyatakan sangat efektif. Sementara, tingkat efektifitas dengan nilai N-gain diperoleh 71,35%. Dengan demikian, LKPD IPS berbasis scientific approach dengan tema aktivitas ekonomi di lingkungan sekitar ini dinyatakan efektif dalam meningkatkan kreativitas dan kognitif siswa. Kata kunci : Pengembangan LKPD, IPS, Aktivitas Ekonomi, Berpikir Kreatif

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpd

Publisher

Subject

Education Other

Description

1. online writing conceptual notions 2. studies and application of theories 3. practitioners writing and research results and teaching in the field of knowledge elementary ...