POACE: Jurnal Program Studi Administrasi Pendidikan
Vol. 1 No. 1 (2021): FEBRUARI 2021

MANAJEMEN PEMBELAJARAN TAHFIZ AL-QUR’AN DALAM MENCAPAI TARGET HAFALAN DI SMP ISLAM DARUL MUTTAQIN METRO LAMPUNG

Rudianto, Bambang (Unknown)
Dacholfany, M Ihsan (Unknown)
Aminin, Sudirman (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Feb 2021

Abstract

Dasar pendidikan dalam Islam adalah Qur’an dan Hadist karena keduanya merupakan sumberdan dasar untuk menjalani kehidupan di dunia ini. Oleh karena itu orang menginginkan anaknya sholehdengan cara menghafal Al-Qur’an. Sedangkan penelitian ini bertujuan mengetahui seberapa jauhmanajemen pembelajaran tahfidz Al-Qur’an dalam mencapai target hafalan di SMP Islam Darul MuttaqinMetro Lampung. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yang menitikberatkan pada datakualitatif, yaitu data wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengumpulan datanya menggunakaninstrumen penelitian berupa daftar pertanyaan yang terangkum dalam pedoman wawancara. Pedomanwawancara menggunakan triangulasi yang ditujukan kepada kepala sekolah, guru/ustadz, siswa/santri,dan komite. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: pengumpulan data, reduksi data,penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitiannya: (1) Perencanaan pembelajaran tahfidz Al-Qur’an berjalan dengan baik,terutama dalam mengatur, mengelola, dan mengarahkan rencananya. (2) Pelaksanaan pembelajarantahfidz Al-Qur’an berjalan, terorganisasi, dan dimanaj dengan baik, walaupun dalam wabah/pandemiccoronavirus (covid-19) dan diberlakukannya sistem lockdown. (3) Program pembelajaran tahfidz alQur’an SMP Islam Darul Muttaqin Metro termasuk program kurikulum khas/unggulan. Kurikulum inidikembangkan secara mandiri yang membedakan dengan sekolah lain. (4) Evaluasi pembelajaran tahfidzAl-Qur’an dari metode menghafal, ustadz/guru, teknik bimbingan dalam menyetor, materi tahfidz, saranaprasarana, dan reward/panisment terlaksana dengan baik juga. (5) Kendalanya dari faktor pendukung,yaitu kecerdasan siswa, usia siswa, minat siswa yang tinggi, perhatian guru, motivasi orang tua yangsangat kuat, dan fasititas yang memadai. Sedangkan dari faktor penghambat, yaitu malas, tidak sabar,putus asa, tidak bisa mengatur waktu, sering lupa, dan munculnya wabah coronavirus (covid-19). (6)Solusinya, yaitu meninggalkan kemalasannya, pandai mengatur waktu, harus sering dimurajaah, danpembelajaran lewat daring (via-rekaman). Dari analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa manajemen pembelajaran tahfidz Al-Qur’anberjalan baik, kondusif, efektif, dan solutif.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

poace

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

FOCUS AND SCOPE Poace is a journal that focuses on publishing qualitative and quantitative research artikel in the scop of educational administration Leadership, Planning, Human Resources, Finance, Curriculum, Public Relations, Student Affairs, Learning and Management Education, and ...