POACE: Jurnal Program Studi Administrasi Pendidikan
Vol. 1 No. 2 (2021): Agustus 2021

PERAN KELOMPOK KERJA GURU DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL DI KECAMATAN TRIMURJO KABUPATEN LAMPUNG TENGAH

ranti, rika dwi (Unknown)
dacholfany, m ihsan (Unknown)
yanto, ri (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2021

Abstract

Peningkatan mutu pendidikan pada jenjang taman kanak kanak menjadi komitmen pemerintah yang harus diwujudkan secara nyata. Salah salah satu langkah yang ditempu pemerintah dengan meningkatkan kualitas guru, karna guru adalah salah satu pilar tempat menentukan keberhasilan dari aktifitas pendidikan yang harus diberikan perhatian, mengingat keberhasilan proses pembelajaran sanat sulit tercapai apabila profesionalise guru rendah. Dari hasil penelitian yang peneliti lakukan berbagai masalah yang muncul di kelompok kerja guru terhadap profesionalisme guru antara lain: Minimnya sumber daya manusia yang dapat diandalkan dari kegiatan yang berlangsung, rendahnya Animo para guru terhadap program kerja yang disusun sehingga tingkat pastisipasi menjadi rendah, Kegiatan KKG secara signifikan belum dapat dapat meningkatkan profesionalisme guru. Fokus dalam penelitian ini adalah: (1) Kompetensi profesional (2) kelompokkkerja guru (KKG), dan (3) kendala dan solusi dalam meningkatkan kompetensi profesional guru.Penelitian ini dilaksanakan di Kelompok Kerja Guru Kecamatan Trimurjo, Kabupaten Lampung Tengah , tanggal 01 Oktober 2020 Januari Sampai 31 Maret 2021. Penelitian inii menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sampel penelitian berjumlah 9 informan dengan tehnik pengumpulan data menggunakan metode waancara dan observasi, Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi (metode dan sumber). Analisis data diperoleh dengan menggunakan prosedur analisa data sebagai berikut: (1) Pengumpulan data penelitian, (2) Reduksi data Penelitian, (3) Display data penelitian, (4) Verikasi data dan penarikan kesimpulan. Dari analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa Peran Kelompok Kerja Guru Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional belum berjalan efektif, hal ini dapat dilihat dari proses peran kelompok kerja guru yang belum maksimal. Jika kelompok kerja guru sudah berjalan dengan baik akan sangat membantu meningkatkan keprofesionalan guru yang akan berpengaruh kepada prosesskegiatan belajar mengajar yang bermutu

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

poace

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

FOCUS AND SCOPE Poace is a journal that focuses on publishing qualitative and quantitative research artikel in the scop of educational administration Leadership, Planning, Human Resources, Finance, Curriculum, Public Relations, Student Affairs, Learning and Management Education, and ...