POACE: Jurnal Program Studi Administrasi Pendidikan
Vol. 2 No. 2 (2022): Agustus 2022

PENGARUH BUDAYA KERJA DAN SUPERVISI AKADEMIK TERHADAP PROFESIONALISME GURU SMK

Rahmawati, Rahmawati (Unknown)
Noor, Marzuki (Unknown)
AM, Sudirman (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2022

Abstract

Guru adalah penentu dalam pendidikan. Penerapan kompetensi pedagogik sangat penting karena seorang guru diharapkan mampu dengan materi pembelajaran. Kompetensi guru perlu dievaluasi dan dibimbing, sehingga dapat dilihat dan diukur tingkat keberhasilannya untuk meningkatkan kualitas dan mutu Pendidikan. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mendeskripsikan kekuatan pengaruh budaya kerja terhadap kompetensi pedagogik, (2) Untuk mendeskripsikan kekuatan pengaruh supervisi akademik terhadap kompetensi pedagogik, dan (3) Untuk mendeskripsikan kekuatan pengaruh budaya kerja dan supervisi akademik secara bersama-sama terhadap kompetensi pedagogik. Populasi 104 dan sampel 51 responden dengan menggunakan rumus Slovin. Pengambilan data menggunakan angket dan regresi menjadi alat penelitian. Hasilnya adalah (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan budaya kerja terhadap kompetensi pedagogik guru SMK se-Kecamatan Seputih Mataram Kabupaten Lampung Tengah, sebesar 62,2% dengan persamaan regresi Ŷ = 23,165 + 0,321X1. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan supervisi akademik terhadap kompetensi pedagogik guru SMK se- Kecamatan Seputih Mataram Kabupaten Lampung Tengah, sebesar 79,7% dengan persamaan regresi Ŷ = 3,074 + 0,749X2. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan budaya kerja dan supervisi akademik secara bersama-sama terhadap kompetensi pedagogik guru SMK se-Kecamatan Seputih Mataram Kabupaten Lampung Tengah sebesar 83,3% dengan persamaan regresi Ŷ = 3,584 + 0,115X1 + 0,573X2. Dapat disimpulkan bahwa budaya kerja dan supervisi akademik berpengaruh positif terhadap kompetensi pedagogik. Peneliti menyimpulkan budaya kerja dan supervisi akademik dapat meningkatkan kompetensi pedagogik, sehingga jika dilaksanakan dengan maksimal maka kompetensi pedagogik akan semakin meningkat.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

poace

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

FOCUS AND SCOPE Poace is a journal that focuses on publishing qualitative and quantitative research artikel in the scop of educational administration Leadership, Planning, Human Resources, Finance, Curriculum, Public Relations, Student Affairs, Learning and Management Education, and ...