Journal of Social Empowerment
Vol. 5 No. 1 (2020): Journal of Social Empowerment

Pemanfaatan Teknologi QR Code sebagai Penambah Aktivitas Baca Siswa SMK Negeri 1 Donorojo

Yuspika Ayu Aprilia Wulansari (Unknown)
Gilang Rizki Prihastono (STKIP PGRI Pacitan)
Kristin Siswanti (STKIP PGRI Pacitan)
Muhammad Tristiyanto (STKIP PGRI Pacitan)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2020

Abstract

Literasi adalah kemampuan mengakses, memahami, dan menggunakan sesuatu secara cerdas melalui berbagai aktivitas, antara lain membaca, melihat, menyimak, menulis, dan berbicara. Peningkatan kegiatan berliterasi dilakukan oleh berbagai lembaga, utamanya sekolah sebagai penyelenggara pendidikan formal. Upaya tersebut terwujud dalam berbagai inovasi kegiatan, salah satunya Gerakan Literasi Sekolah. Gerakan Literasi Sekolah yang dilakukan SMK Negeri 1 Donorojo menekankan pada aktivitas membaca, dilakukan dengan pembiasaan mengambil waktu 15 menit sebelum dilaksanakan kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penambahan QR Code pada tanaman mampu menambah ragam aktivitas baca siswa SMK Negeri 1 Donorojo. Setelah melalui tahapan penelitian survey dan deskriptif kualitatif, diketahui bahwa ragam aktivitas baca siswa bertambah.

Copyrights © 2020