Murabby: Jurnal Pendidikan Islam
Vol 3, No 1 (2020): Murabby Vol. 3 No. 1 April 2020

HUBUNGAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK DI MTsN

Zulvia Trinova (Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang)
Wahyuli Lius Zen (Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang)
M Musalwa (Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang)
Tiara Sukma (Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang)



Article Info

Publish Date
13 Aug 2020

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keadaan peserta didik dalam mengikuti  proses pembelajaran aqidah akhlak di MTsN 5 Pasaman Barat yang diperkirakan hanya sebagian peserta didik yang memperhatikan pendidik menerangkan pelajaran dengan baik begitu juga dalam hal mencatat materi pelajaran. Peserta didik yang aktif dalam berdiskusi hanyalah peserta didik yang menonjol saja dan masih banyak yang tidak berani bertanya maupun menjawab pertanyaan. Selain itu nilai ujian akhir semester aqidah akhlak peserta didik rata-rata berada dibawah KKM.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran aktivitas belajar peserta didik dalam proses pembelajaran akidah akhlak, gambaran hasil belajar akidah akhlak dan untuk mengetahui bagaimana hubungan aktivitas belajar peserta didik dengan hasil belajar akidah akhlak di  MTsN 5 Pasaman Barat. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif dengan analisis statitik korelasional. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh gambaran aktivitas belajar peserta didik MTsN 5 Pasaman Barat tergolong cukup hal ini terlihat dari nilai rata-rata 7,95 terletak pada interval 7 – 8 jika dipersentasekan adalah 50%. Hasil belajar peserta didik MTsN 5 Pasaman Barat tergolong rendah. Hal ini terlihat dari rata-rata 66,86 terletak pada interval 56 – 68 jika dipersentasekan adalah 32,35%.Dari hasil uji hipotesis dengan Product Moment diperoleh rhitung 0,840 > rtabel 0,256 untuk signifikan 1% dan 0,195 untuk signifikan 5%. Artinya hipotesis yang diajukan Hoditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara aktivitas belajar peserta didik dengan hasil belajar aqidah akhlak di MTsN 5 Pasaman Barat.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

murabby

Publisher

Subject

Education

Description

Murabby Jurnal Pendidikan Islam, a peer reviewed journal, is an interdisciplinary publication of original research and writing on education. The journal aims to provide a forum for scholarly understanding of the field of education and plays an important role in promoting the process that accumulated ...