Murabby: Jurnal Pendidikan Islam
Vol 2, No 2 (2019): Murabby Vol. 2 No. 2 September 2019

PELUANG DAN TANTANGAN PENDIDIKAN ISLAM ERA INDUSTRI 4.0: STRATEGI MAHASISWA PAI MENJADI PENDIDIK SEJATI

Muhammad Kosim (UIN Imam Bonjol Padang)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2020

Abstract

Artikel ini menjelaskan tentang peluang dan tantangan pendidikan Islam era industri 4.0 serta strategi mahasiswa Pendidikan Agama Islam (PAI) menjadi pendidik sejati sebagai modal utama untuk menghadapi tantangan era industri 4.0. Metode yang digunakan dalam kajian ini adalah metode library research dengan pendekatan content analysis. Artikel ini menemukan bahwa era revolusi industri 4.0 bukan ditakuti, tetapi harus dihadapi dengan sikap optimis. Era industri 4.0 mengandung sejumlah peluang bagi guru untuk eksis berperan sebagai pendidik sejati dengan keteladanan yang menginspirasi peserta didik untuk mencapai tujuan pendidikan secara efektif. Maka mahasiswa PAI harus memandang era ini sebagai peluang emas untuk meningkatkan kualitas pendidikan Islam yang lebih komprehensif dan universal. Mahasiwa PAI tidak saja berpikir dan berjuang bagaimana kelak dirinya siap menjadi guru melahirkan peserta didik yang taat beribadah, tetapi lebih dari itu, menjadi guru PAI yang mencerdaskan peserta didik, teman sejawat, warga sekolah dan masyarakat agar menerapkan ajaran Islam secara kaffah dengan misi rahmatan lil ‘alamin.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

murabby

Publisher

Subject

Education

Description

Murabby Jurnal Pendidikan Islam, a peer reviewed journal, is an interdisciplinary publication of original research and writing on education. The journal aims to provide a forum for scholarly understanding of the field of education and plays an important role in promoting the process that accumulated ...