Educational Journal of Islamic Management (EJIM)
Vol. 1 No. 2 (2021): Vol. 1 No. 2 (2021): Artikel Volume 1 Nomor 2, November 2021

Teori dan Desain Kurikulum Pendidikan Di SD-SMP-SMA di Era Globalisasi: Artikel

Amar Maruf (UIN Sunan Ampel Surabaya)
Anang Sufyan Sauri (UIN Sunan Ampel Surabaya)
Hisbullah Huda (UIN Sunan Ampel Surabaya)



Article Info

Publish Date
14 Jan 2022

Abstract

Desain kurikulum adalah cermin teori pendidikan yang digunakan sekolah saat ini, yang akan digunakan dala kegiatan pembelajaran. Dari penjelasan tersebut dapat digambarkan sebagai berikut: pendidikan, kurikulum, pembelajaran. Merupakan suatu desain kurikulum yang berpusat pada bahan ajar, dan biasanya mencerminkan kegiatan pembelajaran yang didikte oleh karakteristik, prosedur, dan struktur konseptual mata pelajaran, serta keterkaitannya dengan disiplin ilmu. Agar penempatan mata pelajaran sebagai pusat pengaturan kurikulum dapat lebih bermakna, dapat dilakukan dengan memfokuskan pada proses pembelajaran dan menggunakan metode pemecahan masalah, pengambilan keputusan, inquiry, serta program komputer di kelas. Teori kurikulum merupakan konsepsi yang sangat penting dalam bidang kurikulum dan pendidikan, yang mana itu berhubungan erat sekali dengan konsep-konsep pendidikan yang berusaha menjelaskan secara sistemis dan perspektif terhadap kurikulum. Kata kunci: Teori dan desain kurikulum pendidikan, di era globalisasi

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ejim

Publisher

Subject

Religion Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Education Other

Description

Educational Journal of Islamic Management (EJIM) adalah jurnal berkala ilmiah yang mengkhususkan pada pengkajian ilmu manajemen pendidikan Islam. Jurnal ini mencakup artikel penelitian, maupun review artikel atau buku. Redaksi menyambut baik kontribusi artikel dari ilmuan, cendekiawan, profesional ...