Jurnal Karya Abdi Masyarakat
Vol. 5 No. 3 (2021): Jurnal Karya Abdi Masyarakat

Penguatan Literasi Siswa Melalui Story Telling Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Arab Di Sekolah Menengah Pertama

Humaira, Megan Asri (Unknown)
Sudjani, Deski Halim (Unknown)
Sya, Mega Febriani (Unknown)
Indra, Syukri (Unknown)
Syamsudin, Didin (Unknown)
Rusli, Radif Khotamir (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Dec 2021

Abstract

Saat ini, pemerintah Indonesia sedang gencar memetakan literasi khususnya pada siswa sekolah dasar dan sekolah menengah pertama. Berbagai program literasi dibuat agar literasi siswa meningkat. Kegiatan penguatan literasi siswa melalui storytelling dalam tiga bahasa (bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan bahasa Arab) ini merupakan salah satu program peningkatan literasi dalam mendukung program pemerintah tersebut. Dalam pelaksanaan kegiatan, dilakukan metode ceramah dan metode storytelling oleh tiga praktisi yang mewakili masing-masing bahasa. Selain itu, dilakukan juga pre-test dan post-test kepada peserta untuk melihat apakah kegiatan yang dilakukan dapat meningkatkan pengetahuan peserta atau tidak. Berdasarkan hasil kegiatan yang dilakukan, pengetahuan siswa terkait literasi meningkat. Oleh karena itu, kegiatan literasi melalui storytelling dapat dikatakan efektif untuk meningkatkan literasi siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JKAM

Publisher

Subject

Religion Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Health Professions Public Health

Description

Jurnal Karya Abdi Masyarakat (JKAM) adalah jurnal yang diterbikan oleh LPPM Universitas Jambi untuk mempublikasikan dan meyebarluaskan tulisan dan artikel pengabdian masyarakat yang telah dilakukan oleh akademisi, praktisi dan mahasiswa dengan tujuan agar dapat menginspirasi dan bermanfaat bagi ...