ABNA : Journal of Islamic Early Childhood Education
Vol. 2 No. 2 (2021): ABNA : Journal of Islamic Early Childhood Education

Menilik Kualitas Pendidikan Anak Usia Dini dari Sudut Pandang Pengorganisasian Iklim dan Pengeloaan Kelas

Luthfatun Nisa (IAIN Madura)
Fitriyatul Qomariyah (IAIN Madura)
Ria Astuti (IAIN Madura)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menilik ulang kualitas sebuah lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang dilihat dari sudut pandang pengorganisasian iklim dan dalam proses pengelolaan kelas, dikarenakan kualitas pendidikan dipengaruhi oleh iklim organisasi dan kualitas proses pendidikan, namun dalam pelaksanaannya dua hal tersebut kurang menjadi perhatian dalam proses pengorganisasian sebuah lembaga pendidikan khsusunya PAUD sehingga perlu dikaji lebih dalam terkait pentingnya pengorganisasian iklim dan pengelolaan keas dalam menentukan kualitas lembaga PAUD. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan kajian kepustakaan (library research), yaitu pengumpulan data diperoleh dari berbagai literatur yang selanjutnya dikaji dan dianalisa secara mendalam yang selanjutnya ditarik kesimpulan. Dalam penelitian ini akan diuraikan bagaimana identifikasi permasalahan yang ada dilingkungan sekolah, bagaimana pengorganisasian iklim dan pengelolaan kelas dapat memberikan dampak pada  kualitas pendidikan, dan bagaimana solusi yang ditawarkan untuk meningkatkan kualitas pengorganisasian iklim dan pengelolaan kelas. Sehingga dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan alternatif solusi untuk diterapkan dalam proses pembelajaran khusunya dalam pengorganisasian iklim dan pengelolaan kelas. Kunci Kunci : kualitas PAUD, pengorganisasian iklim sekolah, pengelolaan kelas

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

abna

Publisher

Subject

Education

Description

ABNA : (Journal of Islamic Early Childhood Education), Islamic University Raden Mas Said Surakarta, Central Java, Indonesia. This journal published twice a year in Juny and December by Islamic Early Childhood Education Department Islamic Education and Teacher Training Faculty of UIN Raden Mas Said ...