TAKSONOMI
Vol. 2 No. 2 (2022): Taksonomi Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar

HUBUNGAN KEDISIPLINAN SISWA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR

Suardin, Suardin (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2022

Abstract

Tercapainya tujuan yang telah ditetapkan bahwa dalam proses pembelajaran yang menghasilkan kedisiplinan siswa di dalam kelas. Tujuannya adalah untuk mendisiplinkan siswa, sehingga siswa harus mematuhi aturan atau kebijakan yang berlaku di sekolah. Jawaban sementara pada variabel ini yaitu kedisiplinan siswa dapat berdampak pada motivasi belajar siswa. Adapun lokasi penelitian yaitu SD Negeri 2 Nganganaumala, dengan subjek penelitian sebanyak 21 siswa. Penggunaan metode penelitian ini yaitu kuantitatif dengan menggunakan teknik statistik atau pengukuran dalam sebuah peneltian. Jenis penelitian digunakan dengan penelitian expost facto, yang dimaksudkan untuk mengukur sebab dan akibat. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa semakin baik tingkat Kedisiplinan siswa maka semakin kuat motivasi belajar siswa di SD Negeri 2 Nganganaumala dalam proses pembelajaran, pada pengkuran uji korelasi variabel kedisiplinan siswa terhadap motivasi belajar siswa terdapat hubungan yang sangat signifikan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

taksonomi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Taksonomi: Penelitian Pendidikan Dasar terbit dua kali dalam setahun yakni Bulan Mei dan September, yang bertujuan untuk menerbitkan artikel hasil penelitian mata pelajaran wajib sekolah dasar dan hasil penelitian yang menfokuskan pada rana pendidikan siswa sekolah dasar serta hasil ...