TAKSONOMI
Vol. 2 No. 2 (2022): Taksonomi Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RENDAHNYA MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

La Djalia, Saleh (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Oct 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya motivasi belajar siswa pada SDN 1 Katobengke. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualititatif. Penelitian kualitatif' adalah penelitian tentang riset yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis. Perspektif subyek lebih ditonjolkan dalam penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukan berdasarkan faktor Intern yang mempengaruhi rendahnya motivasi belajar siswa pada SDN 1 Katobengke yaitu faktor psikologi yang menjadi salah satu rendahnya motivasi belajar siswa yaitu sebab psikologi bakat siswa, yang tidak menjadi penunjang. Sedangkan faktor ekstern yang mempengaruhi rendahnya motivasi belajar siswa yaitu terdapat pada faktor keluarga tentang perhatian orang tua sangat kuat, selanjutnya pada faktor masyarakat tentang aktifitas anda dalam masyarakat faktor ini merupakan salah satu bagian dari faktor penyebab rendahnya motivasi, dan alat media elektronik faktor ini merupakan salah satu bagian dari faktor penyebab rendahnya motivasi, dan keharmonisan anda dalam masyarakat, jelas bahwa faktor ini bukan merupakan salah satu bagian dari faktor penyebab rendahnya motivasi

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

taksonomi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Taksonomi: Penelitian Pendidikan Dasar terbit dua kali dalam setahun yakni Bulan Mei dan September, yang bertujuan untuk menerbitkan artikel hasil penelitian mata pelajaran wajib sekolah dasar dan hasil penelitian yang menfokuskan pada rana pendidikan siswa sekolah dasar serta hasil ...