Setiap mahasiswa memiliki kebutuhan belajar unik yang apabila terpenuhi dapat memberikan dampak pada kinerja. Manajemen fakultas mestinya berusaha memberikan layanan akademik yang optimal agar kebutuhan belajar mahasiswa dapat terpenuhi. Sayangnya, layanan akademik untuk mahasiswa fakultas ilmu olahraga dirasa unik karena proses akademiknya berupa olahraga lapangan yang berbeda dibandingkan dengan proses akademik pada umumnya. Untuk itu, tujuan artikel ini adalah mendeskripsikan tingkat layanan akademik mahasiswa fakultas ilmu olahraga dan menganalisisnya berdasarkan tingkat prestasi akademik. Penelitian survei ini dilakukan kepada 263 mahasiswa (laki-laki= 174, perempuan= 89). Instrumen layanan akademik telah terstandarisasi oleh penjaminan mutu. Analisis data menggunakan statistik deskriptif, normalitas, dan Mann Whitney U Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebutuhan layanan akademik didominasi pada kategori tinggi (77.2% mahasiswa), sedang (20.9%), dan rendah (1.9%). Terdapat perbedaan kebutuhan tingkat layanan akademik ditinjau dari IPK (U= -2, p= 0.04). Sehingga optimalisasi layanan akademik harusnya menjadi strategi jitu dalam meningkatkan prestasi akademik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022