JOURNAL OF CHEMISTRY AND EDUCATION (JCAE)
Vol 6 No 1 (2022): JCAE EDISI AGUSTUS 2022

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERVISI SETS TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI MINYAK BUMI KELAS XI MIPA

Dwi Damayanti (Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat)
Leny Leny (Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat)
Abdul Hamid (Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2022

Abstract

Tujuan riset ini adalah agar diketahui perbandingan keterampilan berpikir kritis, hasil belajar dan respon peserta didik sesudah mengimplementasikan model problem based learning bervisi SETS. Materi yang digunakan adalah minyak bumi. Sampel diambil dari mempergunakan teknik purposive sampling dengan metode quasi experiment berdesain equivalent pretest-posttest control grup design. Kelas eksperimen mengaplikasikan model problem based learning bervisi SETS, sementara kelas kontrol mengaplikasikan model ekspositori. Teknik analisis data berupa analisis deskrptif dan inferensial menerapkan uji-t. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non-tes. Hasil riset memperlihatkan bahwa (1) terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis antara peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol (2) terdapat perbedaan hasil belajar ranah pengetahuan antara peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol (3) respon peserta didik terhadap model problem based learning bervisi SETS sangat positif.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jcae

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Jurnal ini berisi artikel hasil penelitian tentang pendidikan dan pembelajaran dalam bidang kimia serta penelitian kimia yang meliputi kimia analitik, kimia organik, biokimia, kimia anorganik serta kimia ...