Bandung Conference Series: Psychology Science
Vol. 2 No. 1 (2022): Bandung Conference Series: Psychology Science

Hubungan Celebrity Worship dengan Self-Esteem pada BTS ARMY di Kota Bandung

Ryanda Aziza (Psikologi, Fakultas Psikologi)
Ria Dewi Eryani (Psikologi, Fakultas Psikologi)



Article Info

Publish Date
18 Jan 2022

Abstract

Abstract. K-pop already has many fans around the world, including Indonesia. The phenomenon of liking idols or favourite celebrities is called celebrity worship. Having a favourite idol or celebrity is a positive thing, can be motivation and inspiration. However, it will have a negative impact if it becomes excessive and turns into an obsession where fans are willing to do anything for their idol, even things that endanger the safety of themselves. This can happen to someone with low self-esteem and less social interaction. This study's aim of knowing whether there is a correlation between celebrity worship and self-esteem in BTS ARMY in Bandung, and how the nature of the correlation is. The data gathering of this research carried out using the Celebrity Attitude Scale (CAS) by McCutcheon and Rosenberg Self-Esteem Scale (RSES) by Rosenberg to 100 BTS ARMYs in Bandung. The results show that celebrity worship and self-esteem have a low level of relationship and are negative or inversely proportional. This means that the higher celebrity worship, the lower the individual's self-esteem. ( r = -0.690, p = 0.496, > = 0.05). Abstrak. K-pop telah memiliki banyak penggemar diseluruh dunia termasuk Indonesia. Fenomena menggemari idola atau selebriti favorit disebut dengan celebrity worship. Memiliki idola atau selebriti favorit adalah hal yang positif, bisa menjadi motivasi dan inspirasi. Namun, akan memberikan dampak negatif apabila sudah berlebihan dan berubah menjadi obsesi dimana penggemar rela melakukan apapun demi idolanya, bahkan hal-hal yang membahayakan keselamatan diri dan idola mereka. Hal ini dapat terjadi pada seseorang dengan self-esteem yang rendah dan kurang berinteraksi secara sosial. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara celebrity worship dan self-esteem pada BTS ARMY di kota Bandung, dan bagaimana sifat hubungan nya. Pengambilan data penelitian ini dilakukan dengan skala pengukuran Celebrity Attitude Scale (CAS) oleh McCutcheon dan Rosenberg Self-Esteem Scale (RSES) oleh Rosenberg kepada 100 orang BTS ARMY di kota Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa celebrity worship dan self-esteem memiliki tingkat hubungan yang rendah dan bersifat negatif atau berbanding terbalik. Artinya semakin tinggi celebrity worship, maka semakin rendah self-esteem individu. ( r = -0,690, p = 0,496, > a = 0,05).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

BCSPS

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Bandung Conference Series: Psychology Science (BCSPS) menerbitkan artikel penelitian akademik tentang kajian teoritis dan terapan serta berfokus pada Psikologi dengan ruang lingkup sbb: Broken Home, Budaya Organisasi, Celebrity Worship, Delinkuensi, Dewasa Awal, Disiplin Kerja, Dukungan Sosial, ...