Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pelaksanaan pembelajaran tematik integratif SD Negeri 2 Kalimendong Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan Pengelolaan Pembelajaran tematik integratif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas I sampai kelas VI SD Negeri 2 Kalimendong dalam pengelolaan pembelajaran tematik integratif di kelasnya serta Kepala Sekolah SD Negeri 2 Kalimendong. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis interactive model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran tematik kurikulum 2013 di SD Negeri 2 Kalimendong berlangsung dengan baik dan lancar. Komponen input aspek yang dievaluasi berupa rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) sudah sesuai dengan indikator yang terdapat dalam Permendikbud No. 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar/menengah Bab. III Tentang Perencanaan Pembelajaran dan fasilitas belajar sudah memenuhi kriteria minimal yang diatur dalam Permendikbud No. 24 Tahun 2007 Tentang Sarana dan Prasarana, selain itu guru juga memanfaatkan lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar. Komponen process aspek dievaluasi pelaksanaan pembelajaran tematik sudah baik dan mulai kegiatan pendahuluan, inti, penutup, dan suasana kelas selama pembelajaran tematik berlangsung terlihat antusias dan siswa aktif. Simpulan dari penelitian ini yaitu pelaksanaan pembelajaran tematik integratif kurikulum 2013 di kelas I sampai kelas VI sesuai panduan teknis kurikulum 2013 pelaksanan pembelajaran dengan pendekatan saintifik di SD dan Buku Guru, namun pelaksanaan pendekatan saintifik belum terlaksana secara optimal. Evaluation of the implementation of integrative thematic learning at State Elementary School 2 Kalimendong Abstract: This research aims to describe the implementation of integrative thematic learning implementation of SD Negeri 2 Kalimendong This research is qualitative research with integrative thematic learning management. The subjects of this research are teachers from grade I to grade VI of SD Negeri 2 Kalimendong in managing integrative thematic learning in their classes and the Principal of SD Negeri 2 Kalimendong. Data collection techniques using in-depth interviews and documentation. The data analysis technique used is interactive model analysis. The results showed that the implementation of the thematic learning curriculum 2013 at SD Negeri 2 Kalimendong went well and smoothly. The input component of the evaluated aspects in the form of lesson plans (RPP) is in accordance with the indicators contained in Permendikbud No. 22 of 2016 concerning the Process Standards for Primary/Middle Education Chapter. III concerning Learning Planning and learning facilities have met the minimum criteria stipulated in Permendikbud No. 24 of 2007 concerning Facilities and Infrastructure, besides that teachers also utilize the environment around the school as a learning resource. The process aspect component evaluated the implementation of thematic learning is good and starts from the introduction, core, and closing activities, and the classroom atmosphere during thematic learning looks enthusiastic and active students. The conclusion of this study is that the implementation of the thematic learning integrative curriculum 2013 in grades I to grade VI is in accordance with the 2013 curriculum technical guidelines for implementing learning with a scientific approach in elementary schools and Teacher's Books, but the implementation of the scientific approach has not been implemented optimally.
Copyrights © 2022