Jurnal Kreativitas PKM
Vol 5, No 9 (2022): Volume 5 No 9 September 2022

Sosialisasi Strategi Pemasaran Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Era Digitalisasi

Asmawiyah Asnawiyah (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Tri Dharma Nusantara)
Kapriani Kapriani (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Tri Dharma Nusantara)
Nur Fatwa Basar (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Tri Dharma Nusantara)
Nurjaya Nurjaya (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Tri Dharma Nusantara)
Hariyanti Hariyanti (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Tri Dharma Nusantara)
Nur Aisyah (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Tri Dharma Nusantara)
Dewi Anggraeni (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Tri Dharma Nusantara)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2022

Abstract

ABSTRAK Digital marketing merupakan salah satu strategi yang digunakan oleh pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk memenuhi kebutuhan konsumen dan mempermudah dalam mencari informasi produk. Meski demikian, para pelaku usaha, terutama yang mewakili usaha kecil dan menengah, masih mengandalkan metode pemasaran tradisional. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan para pelaku UMKM di desa Timbuseng dalam pengelolaan pemasaran guna mendorong penjualan produk secara besar-besaran dan meningkatkan daya saing UMKM, serta penguasaan digital marketing dalam rangka menjaring calon konsumen melalui media sosial. Kegiatan PKM dilaksanakan dengan pendekatan yang memadukan sosialisasi dengan gaya ceramah, mengidentifikasi masalah, serta diskusi tanya jawab. Hasil dari kegiatan ini berimplikasi kepada para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah untuk lebih termotivasi dan semangat dalam berbisnis sehingga usaha yang mereka kelola dapat berkembang. Kata kunci: Strategi Pemasaran, UMKM, Digital Marketing  ABSTRACT Digital marketing is one of the strategies used by micro, small and medium enterprises (MSMEs) to meet consumer needs and make it easier to find product information. However, business actors, especially those representing small and medium enterprises, still use on traditional marketing methods. This activity aims to increase the knowledge and ability of MSME actors in Timbuseng village in marketing management to encourage massive product sales and increase MSMEs competitiveness, as well as mastery of digital marketing in order to attract potential consumers through social media. PKM activities are carried out with an approach that combines socialization with lecture style, problem identification, and question and answer discussions. The results of this activity have implications for micro, small and medium business actors to be more motivated and enthusiastic in doing business so that the businesses they manage can develop. Keyword: Marketing Strategy, MSMEs, Digital Marketing

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

kreativitas

Publisher

Subject

Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing Public Health

Description

Jurnal Kreativitas Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) merupakan jurnal yang bertaraf nasional yang memiliki fokus utama pada pengaplikasian hasil penelitian dan ilmu-ilmu di bidang kesehatan yang dilakukan pada masyarakat dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat. Lingkup bidang pengabdian kepada ...