ABSTRAK Salah satu upaya pengendalian penyebaran Covid-19 pada masyarakat dan anak-anak yaitu dengan menjaga kebersihan tangan. Mencuci tangan memang sudah menjadi salah satu program Germas yang dikampanyekan sejak lama. Berdasarkan studi pendahuluan yang telah dilakukan oleh pengabdi di salah satu sekolah taman kanak-kanak Wilayah kerja Puskesmas Wosi yaitu dengan melakukan wawancara pada guru didapatkan data jumlah siswa/siswi di Taman kanak-kanan tersebut berjumlah sekitar 35 anak, selama ini telah diajarkan cara cuci tangan yang benar namun belum dapat diterapkan secara maksimal oleh anak-anak. Tujuan dari pelatihan ini adalah meningkatkan pengetahuan Guru di taman kanak-kanak Insan Mulia Terpadu Manokwari dalam melakukan cuci tangan pakai sabun (CTPS) dengan benar berdasarkan 6 langkah cuci tangan menurut WHO menggunakan media bantu video. Metode dalam pengabdian ini adalah dengan melakukan pelatihan menggunakan media bantu video dan melakukan pendampingan. Sasaran dalam pengabdian ini adalah guru ditaman kanak-kanak Insan Mulia Terpadu Manokwari. Kegiatan pengabdian ini dilakukan selama 1 bulan dengan memberikan pelatihan selama 1 minggu menggunakan media bantu video cara melakukan 6 langkah CTPS dengan benar. Setelah dilakukan edukasi dan pendampingan CTPS yang benar menggunakan media video dan mengevaluasi pengetahuan guru tentang CTPS yang benar dan dapat simpulkan bahwa terjadi peningkatan pengetahuan guru tentang CTPS yang benar setelah diberikan media video selama 7 hari di TK Insan Mulia Terpadu Manokwari. Diharapkan kepada pihak sekolah agar dapat lebih aktif untuk melibatkan pihak Puskesmas dalam memberikan promosi kesehatan terkait masalah kesehatan yang berhubungan dengan tumbuh kembang anak-anak di masa sekolah. Kata Kunci: Edukasi perilaku cuci tangan, Media Video, Pengetahuan ABSTRACT One of the efforts to control the spread of Covid-19 in the community and children is by maintaining hand hygiene. Washing hands has indeed become one of the Germas programs that have been campaigned for a long time. Based on a preliminary study conducted by a servant in one of the kindergarten schools in the working area of the Wosi Health Center, namely by conducting interviews with the teacher, it was found that the data on the number of students in the kindergarten was about 35 children, so far they have been taught how to wash their hands. that is correct but cannot be applied optimally by children. The purpose of this training is to increase the knowledge of teachers at Insan Mulia Terpadu Manokwari Kindergarten in properly washing hands with soap (CTPS) based on the 6 steps of hand washing according to WHO using video aids. The method in this service is to conduct training using video media and provide assistance. The target in this service is the teacher at the Insan Mulia Integrated Manokwari kindergarten. This service activity was carried out for 1 month by providing training for 1 week using video media on how to do the 6 steps of CTPS correctly. After conducting education and mentoring for correct CTPS using video media and evaluating teacher knowledge about correct CTPS and it can be concluded that there was an increase in teacher knowledge about correct CTPS after being given video media for 7 days at Insan Mulia Terpadu Kindergarten Manokwari. It is hoped that the school will be more active in involving the Puskesmas in providing health promotion related to health problems related to the growth and development of children during school. Keywords: Hand washing behavior education, Media Video, Knowledge
Copyrights © 2022