Pada era 4.0 ini mengharuskan sumber daya manusia untuk berkompeten agar mampu bersaing. Pada saat sekarang ini peserta didik banyak yang tidak mampu untuk menerapkan hasil pembelajaran biologi dalam kehidupan sehari-hari, hal itu dapat dipicu oleh pemilihan sumber belajar yang kurang memadai, sehingga mengakibatkan rendahnya literasi sains peserta didik. Hal tersebut mengharuskan kekreativitasan seorang guru dalam proses pembelajaran agar kualitas belajar peserta didik dapat meningkat. Cara yang dapat dilakukan salah satunya yaitu mengaitkan materi pembelajaran dengan budaya lokal yang nantinya dapat menambah pengetahuan sains peserta didik serta dapat meningkatkan literasi sains peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui modul pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran etnosains pada materi biologi. Metode yang dilkukan pada penelitian ini adalah Literatur Review. Berdasarkan literatur review yang telah dilakulan dapat disimpulkan bahwa pemilihan sumber pembelajaran yang tepat serta berbasis etnosains dapat meningkatlan kemampuan literasi sains peserta didik.
Copyrights © 2022