JURNAL KEISLAMAN TERATEKS
Vol 7 No 2 (2022): OKTOBER

IMPLEMENTASI MARKETING SYARIAH DALAM MENINGKATKAN KUANTITAS NASABAH BMT NU CABANG BATUPUTIH KABUPATEN SUMENEP

ZAINOL HUDA & MARLIYANA (STAI MIFTAHUL ULUM TARATE PANDIAN SUMENEP)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2022

Abstract

Konsep Marketing Syariah yang dilaksanakan di BMT NU Cabang Batuputih sesuai dengan syariah Islam, yang mana tidak membebankan nasabah dalam hal tabungan atau pun pembiayaan. BMT NU mempunyai metode tersendiri terkait pemasarannya, yaitu: memahami karakter nasabah, mendekati tokoh masyarakat atau aparat desa serta menanamkan rasaempati. Implementasi dari beberapa paparan diatas menunjukkan bahwa BMT NU benar-benar menerapkan sistem Marketing Syariah baik dari segi karakteristik, prinsip, tujuan dan konsep. Begitu pula dengan metode yang BMT NU miliki, yaitu: memahami karakter nasabah, mendekati tokoh masyarakat atau aparat desa dan menanamkan rasa empati. Namun dari tiga metode tersebuat tidak keseluruhan diterapkan oleh BMT NU dalam satu nasabah, hanya saja melihat kondisi sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Impact dari metode yang digunakan di BMT NU Cabang Batuputih membuahkan nilai positif dikalangan masyarakat, sehingga banyak masyarakat yang mempercayakan kinerja dari para karyawan BMT NU Cabang Batuputih dan minat masyarakat untuk menjadi nasabah semakin tinggi. Akhinya dari awal BMT NU bediri 2014 dengan 98 nasabah sekarang menjadi 2.337 di tahun 2020

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

terateks

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Jurnal Islam Terateks yang berfokus pada Ilmu keislaman berisi kajian-kajian keislaman yang meliputi pendidikan Islam, syariah, pemikiran Islam, ekonomi, dan kajian Islam lainnya. Sebagai tempat perantara dalam penulisan karya ilmiah dari peneliti, akademisi, praktisi, mahasiswa, dan dosen. Sebagai ...