JURNAL PENDIDIKAN, SAINS DAN TEKNOLOGI
Vol 9 No 3 (2022)

PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENELAAH STRUKTUR DAN KEBAHASAAN PUISI RAKYAT

Nurul Fitri (Universitas Jambi, Indonesia)
Eddy Pahar Harahap (Universitas Jambi, Indonesia)
Albertus Sinaga (Universitas Jambi, Indonesia)



Article Info

Publish Date
17 Aug 2022

Abstract

Puisi rakyat merupakan warisan budaya bangsa yang wajib dipelajari. Namun, kemampuan menelaah struktur dan kebahasaan puisi rakyat kelas VII SMPN 1 Muaro Jambi yang masih mengalami kesulitan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media audiovisual dalam menelaah struktur dan kebahasaan puisi rakyat (puisi lama) dengan media audiovisual pada siswa kelas VII semester genap SMP Negeri 1 Muaro Jambi. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen. Kelas ekperimen diberikan perlakukan dengan media audio visual dan kelas kontrol diberikan pembelajaran konvensional atau tanpa menggunakan media audio visual. Populasi dalam penelitian ini adalah semua kelas VII SMP Negeri 1 Muaro Jambi terdapat enam kelas yang berjumlah 183 siswa. Sampel penelitian yaitu siswa kelas VII E terdiri dari 30 siswa sedangkan kelas VII F terdiri dari 32 siswa. Teknik pengumpulan data dengan tes (pretest dan postest) , observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji t yang diawali dengan uji prasayarat (uji normalitas dan homogenitas). Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai sig (2-tailed) hasil post-test sebesar 0,004 lebih kecil dibandingkan nilai taraf signifikansi sebesar 0,05, sehingga hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Artinya terdapat pengaruh media audio visual terhadap kemampuan menelaah struktur dan kebahasaan puisi rakyat rakyat pada siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

EDUSAINTEK

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal pendidikan sains dan teknologi diterbitkan oleh STKIP PGRI Situbondo sebagai wadah bagi civitas akademika STKIP PGRI Situbondo serta kalangan guru, dosen, peneliti, praktisi dan pemerhati pendidikan yang peduli terhadap perkembangan penelitian tentang Teknologi pembelajaran, Media ...