Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series
Vol 4 (2021): Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series (Special Issue 1

Reflections for Online Learning During The Covid-19 Pandemic in SMP Negeri 5 Tambusai Utara

Suryati Suryati (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Oct 2022

Abstract

Pandemic covid-19 telah merubah aktivitas pembelajaran secara tatap muka atau luar jaringan (luring) menjadi proses pembelajaran dalam jaringan (daring). Tujuan artikel ini adalah untuk menjelaskan hasil penelitian tentang pelaksanaan pembelajaran dalam jaringan di SMP N 5 Tambusai Utara. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan observasi dan wawancara sebagai alat mengumpulkan data. Berdasarkan analisis data, hasilnya menunjukkan bahwa banyak kendala yang dihadapi peserta didik dan guru dalam proses pembelajaran daring. Beberapa fakta yang ditemukan adalah bahwa sebagian besar peserta didik tidak mempunyai fasilitas handphone atau laptop yang menjadi media utama dalam pembelajaran daring. Pembelajaran terkendala karena kualitas jaringan internet yang tidak baik sehingga pembelajaran daring tidak berjalan lancar. Peserta didik dan guru belum memahami bahkan mengenali pemanfaatan berbagai platform pembelajaran daring. Peserta didik mempunyai kuota terbatas sehingga mereka tidak dapat mengikuti pembelajaran daring. Akhirnya, pembelajaran daring yang dilaksanakan menghasilkan kualitas pembelajaran yang sangat rendah dibandingkan dengan capain pembelajaran di masa sebelum pandemi. Kerjasama antara siswa, guru dan orang tua juga menjadi factor penting dalam pelaksanakan pembelajaran daring di sekolah ini.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

SHES

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series is a peer-reviewed interdisciplinary journal with broad coverage, consolidate basic and applied research activities by publishing the proceedings of the conference in all areas of the social sciences, humanities and ...