Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series
Vol 4 (2021): Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series (Special Issue 2

Implementation Of The Problem Based Learning Model To Improve Cooperation And Learning Outcomes Of Class IV Students

Fitria Agustina (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2021

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah peningkatan kerjasama dan hasil belajar siswa melalui penerapan model Problem Based di kelas IV SD Negeri Bangkir Kecamatan Cimanggung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kerjasama dan hasil belajar siswa melalu penerapan model Problem Based Learning. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV sebanyak 30 orang siswa. Hasil penelitian pada siklus I nilai rata-rata kerjasama siswa dengan persentase 43% dengan kategori jauh dari baik. Hasil belajar siswa dengan persentase 53% dengan kategori perlu bimbingan. Pada siklus II nilai kerjasama siswa dengan persentase 57% dengan kategori cukup. Hasil belajar siswa mendapat persentase 63% dengan kategori cukup. Pada siklus III nilai kerjasama siswa dengan persentase ketuntasan telah mencapai 90% dengan kategori baik. Hasil belajar siswa dengan persentase 90% dengan kategori baik. Dengan demikian dapat dikemukakan kesimpulan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa pada pembelajaran di kelas IV.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

SHES

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series is a peer-reviewed interdisciplinary journal with broad coverage, consolidate basic and applied research activities by publishing the proceedings of the conference in all areas of the social sciences, humanities and ...