Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series
Vol 4 (2021): Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series (Special Issue 1

Character Education of Students During the Covid-19 Pandemic in Elementary School

Sri Haryani (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Oct 2022

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitiaan ini yaitu untuk mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan karakter, nilai-nilai karakter, strategi, penilaian, peran guru dan orang tua dalam pendidikan karakter selama masa Covid-19 di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yaitu metode penelitian dengan menganalisis data yang relevan dengan tujuan penelitian dengan menyajikan data secara mendalam. Data penelitian diperoleh dari dokumen-dokumen dalam bentuk buku, jurnal, prosiding, laporan penelitian yang relevan dengan topik penelitian ini. Penelitian ini menemukan bahwa guru melaksanakan pendidikan dalam proses pembelajaran bahkan diprioritaskan oleh sekolah. Pendidikan karakter dibutuhkan oleh siswa yang belajar dari rumah. Guru melaksanakan penilaian karakter dan menyesuaian dengan kondisi siswa dan situasi Covid19. Berdasarkan informasi yang didapat penelitian ini menemukan bahwa pendidikan karakter tidak bisa diabaikan dalam masa pandemi Covid-19 bahkan dilaksanakan secara konsisten nilai karakter yang ditanamkan disesuaikan dengan kebutuhan siswa dan kondisi Covid-19 seperti nilai religius, kesehatan, kemandirian, tanggung jawab, toleransi, dan kemandirian, kerja keras, peduli lingkungan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

SHES

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series is a peer-reviewed interdisciplinary journal with broad coverage, consolidate basic and applied research activities by publishing the proceedings of the conference in all areas of the social sciences, humanities and ...