Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series
Vol 4 (2021): Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series (Special Issue 2

Efforts to Improve Discipline And Ability To Write Simple Narrative Articles Using The Field Trip Method

Fitriyani Fitriyani (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2021

Abstract

Karakter disiplin pada siswa belum sepenuhnya diterapkan di sekolah. Karakter disiplin dapat diajarkan dan diterapkan pada pembelajaran salah satunya dengan mematuhi aturan yang sudah diterapkan pada pemebelajaran menulis karangan narasi sederhana. Kemampuan menulis karangan narasi sederhana siswa merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang dianggap sulit oleh sebagian besar siswa, karena budaya menulis dikalangan siswa belum dibiasakan sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan dan kemampuan menulis karangan narasi sederhana siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia menggunakan metode Field Trip. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus. Prosedur pelaksanaan penelitian setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Alat pengumpulan data penelitian menggunakan tes/evaluasi, lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa, serta angket respon siswa. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode Field Trip berbantuan gambar seri dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi sederhana siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

SHES

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series is a peer-reviewed interdisciplinary journal with broad coverage, consolidate basic and applied research activities by publishing the proceedings of the conference in all areas of the social sciences, humanities and ...