Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series
Vol 4 (2021): Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series (Special Issue 2

Improving Student Learning Outcomes In Science Learning Using Mind Mapping

Dewi Septiani (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2021

Abstract

Rendahnya kemampuan berpikir siswa didik pada tingkat sekolah dasar terutama untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) banyak disebabkan oleh kesulitan siswa dalam menerima materi. Padahal IPA merupakan ilmu yang menuntut siswa didik untuk berpikir analitis dan tidak hanya berpikir secara sistematis. Sehingga dibutuhkan media pembelajaran yang tepat dilakukan oleh pendidik untuk mengoptimalkan proses pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Mind Mapping merupakan metode yang dinilai tepat diaplikasikan dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penelitian- penelitian yang telah dilakukan mengenai Mind Mapping dalam pembelajaran IPA. Teknik analisa data yang dilakukan menggunakan Meta-Sintesis sebagai metode systematic review kualitatif dengan mereview tiga jurnal penelitian terdahulu. Berdasarkan data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa menggunakan Mind Map dapat meningkatkan peranan siswa lebih aktif, kreatif, dan inovatif dalam belajar dan siswa merasa lebih senang dalam pembelajaran sehingga pembelajaran lebih bermakna. Hal tersebut dapat terlihat pada peningkatan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

SHES

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series is a peer-reviewed interdisciplinary journal with broad coverage, consolidate basic and applied research activities by publishing the proceedings of the conference in all areas of the social sciences, humanities and ...