Jurnal Ilmu Manajemen
Vol 12, No 1 (2022): Jurnal Ilmu Manajemen

Perancangan Perbaikan Atribut Produk T-shirt CV Nakhoda Nusantara Berdasarkan Preferensi Konsumen Menggunakan Metode Conjoint Analysis

Nalini, Wina Nisrina (Unknown)
Rohayati, Yati (Unknown)
Kusmayanti, Ima Rosmalia (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2022

Abstract

CV Nahkoda Nusantara merupakan perusahaan fashion, di Kota Bandung. Produk yang dijual oleh Nahkoda Nusantara berupa t-shirt, kemeja, dan jaket. Sementara produk unggulan yang dijual Nakhoda Nusantara adalah t-shirt, didukung dengan presentase penjualannya sebesar 56%, dibanding produk lainnya. Penjualan Nakhoda Nusantara mengalami naik turun yang disebabkan oleh persaingan dengan kompetitor yang memiliki variasi produk lebih banyak. Hal tersebut berdampak pada target penjualan t-shirt tidak tercapai menyebabkan penjualan tidak maksimal, dikarenakan perusahaan kurang memahami preferensi konsumen. Tujuan penelitian ini yaitu merancang atribut produk t-shirt Nakhoda Nusantara berdasarkan preferensi konsumen menggunakan metode conjoint analysis. Setelah dilakukan identifikasi didapatkan atribut dan level atribut dari t-shirt. Atribut produk yang digunakan dalam penelitian ini yaitu bahan, fitting, kerah, model, dan warna. Hasil penelitian ini teridentifikasi, bahwa pasar menuntut bahan menggunakan cotton combed 24s, dengan varian fitting yang saat ini belum tersedia yaitu oversize, kerah diarahkan untuk tetap menggunakan bentuk o-neck, dengan memperbanyak model short sleeve serta menambah varian warna baru deep dan soft.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ilmu_manajemen

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ilmu Manajemen is published by Pascasarjana Management Department. It is published twice year in June and December. Jurnal Ilmu Manajemen publish papers in the field of management science that give contribution to the development of management science, and management practices. We accept ...