JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia)
Vol 7, No 2 (2022): JPGI

Analisis Peran Sejarah Dalam Pembangunan Pendidikan

Rahayu, Rahayu (Unknown)
Fatmariza, Fatmariza (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2022

Abstract

Sumber daya manusia disuatu negara merupakan asset yang harus dijaga dan selalu dipantau progresnya oleh negara terkait, termasuk Indonesia, dalam prosesnya proses perbaikan sumber daya harus berkelanjutan (never ending process), dan salah satu unsur yang menjadi titik krusial dalam proses upgrade ini adalah pendidikan, pendidikan juga salah satunya menjadi sistem yang akan terjadi seumur hidup. Tujuan penelitian ini menganalissi dan memberikan gambaran peran sejarah dalam pembangunan pendidikan di Indonesia. Sejarah membawa berbagai macam pembelajaran yang bisa diketahui oleh generasi saat ini, dengan perkembangan zaman yang semakin canggih dan digital, proses transfer informasi dititik beratkan kepada pendidik, atau penyampai informasi yang mengandung sejarah, sesuai dengan sumber yang memang ada objektif, dan sebagai peristiwa yang telah terjadi, sejarah memberikan gambaran masa lalu untuk pengambilan keputusan dimasa sekarang, dan pondasi perencanaan dimasa yang akan datang.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpgi

Publisher

Subject

Education

Description

JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia) ISSN: 2541-3317 (for electronic version) 2541-3163 (for print version). JPGI is a peer-reviewed, publishes research manuscripts in the field of education. The Focus and scope of the journals are to: 1) Provide a journal that reports research on topics that ...