JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia)
Vol 7, No 1 (2022): JPGI

Pengaruh Media Pembelajaran Nearpod Terhadap Motivasi Belajar Pada Mata pelajaran Matematika

Oktafiani Oktafiani (Universitas Esa Unggul)
Mujazi Mujazi (Universitas Esa Unggul)



Article Info

Publish Date
14 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survey. Penelitian ini dilakukan karena memiliki tujuan untuk mengetahui akan pengaruh media pembelajaran nearpod terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran matematika di SDN 17 Palmerah di kelas 5 B. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survey. Popoulasi Penelitian ini ialah siswa kelas 5B yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini ialah dengan menggunakan kuesioner angket. Informasi yang didapat dari responden dengan menggunakan angket ini untuk menemukan pengaruh penggunaan media pembelajaran nearpod terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan uji parsial atau uji t untuk menentukan hipotesis. Hasil hipotesis yang diperoleh berdasarkan pengujian parsial atau uji t yaitu  11,081 (thitung) > 2,042 (ttabel) dengan signifikan 0,00 < 0,05. Hasil tersebut menyatakan bahwa H1 diterima dan Ho ditolak yang artinya ada pengaruh positif dan signifikan antara media pembelajaran nearpod  terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran matematika.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpgi

Publisher

Subject

Education

Description

JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia) ISSN: 2541-3317 (for electronic version) 2541-3163 (for print version). JPGI is a peer-reviewed, publishes research manuscripts in the field of education. The Focus and scope of the journals are to: 1) Provide a journal that reports research on topics that ...