JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia)
Vol 7, No 3 (2022): JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia)

Pengaruh penggunaan smartphone terhadap konsentrasi belajar siswa

Zulfa, Nanda Aini (Unknown)
Mujazi, Mujazi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini diawali oleh fenomena tingginya intensitas penggunaan smartphone sehingga tingkat konsentrasi siswa dalam belajar menurun. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan smartphone terhadap konsentrasi belajar siswa SD Plus Hang Tuah V. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dengan metode survei. Sampel penelitian ini yaitu 52 siswa, terdiri dari 26 siswa pada kelas 5B dan 26 siswa pada kelas 6B. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket. Hasil dari uji r (uji korelasi) memperoleh signifikansi sebesar 0,003 < 0,05 dan koefisien kolerasi sebesar 0,403 dengan nilai positif. Uji determinasi diperoleh nilai R Square adalah 0,163. Berdasarkan hasil uji t untuk Penggunaan Smartphone terhadap Konsentrasi Belajar Siswa diperoleh t hitung = 3,118 > 2,008.  Hal ini menunjukkan H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti Penggunaan Smartphone (X) memiliki pengaruh terhadap Konsentrasi Belajar (Y). @font-face {font-family:"Cambria Math"; panose-1:2 4 5 3 5 4 6 3 2 4; mso-font-charset:0; mso-generic-font-family:roman; mso-font-pitch:variable; mso-font-signature:-536870145 1107305727 0 0 415 0;}@font-face {font-family:"Calisto MT"; panose-1:2 4 6 3 5 5 5 3 3 4; mso-font-charset:0; mso-generic-font-family:roman; mso-font-pitch:variable; mso-font-signature:3 0 0 0 1 0;}p.MsoNormal, li.MsoNormal, div.MsoNormal {mso-style-unhide:no; mso-style-qformat:yes; mso-style-parent:""; margin:0cm; margin-bottom:.0001pt; mso-pagination:widow-orphan; font-size:10.0pt; font-family:"Times New Roman",serif; mso-fareast-font-family:"Times New Roman"; mso-ansi-language:EN-US;}.MsoChpDefault {mso-style-type:export-only; mso-default-props:yes; font-size:11.0pt; mso-ansi-font-size:11.0pt; mso-bidi-font-size:11.0pt; font-family:"Calibri",sans-serif; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-fareast-font-family:Calibri; mso-fareast-theme-font:minor-latin; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-bidi-font-family:"Times New Roman"; mso-bidi-theme-font:minor-bidi; mso-ansi-language:IN;}.MsoPapDefault {mso-style-type:export-only; margin-bottom:10.0pt; line-height:115%;}div.WordSection1 {page:WordSection1;}

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jrti

Publisher

Subject

Education

Description

JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia) ISSN: 2502-079X (Print), ISSN: 2503-1619 (Electronic) is a peer-reviewed, publishes research manuscripts in the field of education research. The Focus and scope of the journals are to: 1) Provide a journal that reports research on topics that are of local and ...