Pola pendidikan anak sangat mempengaruhi faktor sosial budaya keluarga dalam masyarakat nelayan. Kondisi pendidikan anak nelayan akan mempengaruhi perubahan pada aspek sosial, ekonomi dan budaya masyarakat nelayan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola perubahan pendidikan anak nelayanan berdasarkana spek sosial budaya masyarakat. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi literature. Pengumpulan data dilakukan melalui proses analisis berbagai literatu, artikel, buku dan sebagainya. Hasil pengkajian literatur menunjukkan bahwa tingkat pendidikan atau keberlanjutan pendidikan anak nelayan dapat dikatakan bahwa masih tergolong rendah.Persepsi masyarakat nelayan terhadap tingkat pendidikan pada umumnya masyarakat nelayan mengatakan tingkat pendidikan itu penting, tetapi dalam prilaku merekan masih mengabaikan pendidikan anaknya. Pendidikan pada anak nelayan belum merata namuan terdapat beberapa anak nelayan yang melanjutkan sampai dengan pendidikan tinggi. Perubahan yang terjadi adalah anak dengan pendidikan tinggi memungkinkan pemilihan karir yang berbeda dengan orangutaya, ekonomi yang lebih baik.
Copyrights © 2022