Jurnal Pengajaran Seni dan Budaya
Vol 7, No 1 (2022): Juli 2022

PELESTARIAN TRADISISENI TARI MOTASU DI SD NEGERI 06 LAINEA KECAMATAN LAINEA KABUPATEN KONAWE SELATAN

Watiyani Watiyani (Universitas Halu Oleo)
La Ode Sidu Marafad (Unknown)
Sulsalman Moita (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui bentuk penyajian Tari Motasu di SD Negeri 06 Lainea Kecamatan Lainea Kabupaten Konawe Selatan, dan 2) Untuk mengetahui pelestarian Tari Motasu di SD Negeri 06 Lainea Kecamatan Lainea Kabupaten Konawe Selatan.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dimana peneliti untuk melihat bagaimana Metode Pembelajaran Seni Tari Motasu pada SD Negeri 06 Lainea Kecamatan Lainea Kabupaten Konawe Selatan. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini akan menggunakan tiga cara yakni: observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode“content analysis” Hasil penelitian menunjukan bahwa SD Ngeri 6 Lainea berperan dalam usaha melestarikan Tari Motasu sebagai pembelajaran dan pengenalan budaya kepada generasi muda yaitu siswa. Bentuk penyajian Tari Motasu di SD Negeri 6 Lainea meliputi gerak, pelaku, iringan, rias dan busana, serta tempat pentas. Gerak dalam Tari Motasu yang dibawakan di sekolah lebih disederhanakan dan divariasikan. Pelaku yaitu siswa SD Negeri 6 Lainea.Musik yang digunakan yaitu bentuk music eksternal berupa sebuah lagu berjudul Motasu. Rias dan busana Tari Motasu di Sekolah yaitu tidak menggunakan riasan wajah dan busana yang dikenakan berupa seragam sekolah. Tempat pentas Tari Motasu yaitu lapangan sekolah.  Pelestarian Tari Motasu di Sekolah SD Negeri 06 Lainea dilakukan melalui tiga aspek yaitu perlindungan dan pemanfaatan. Perlindungan Tari Motasu dilakukan melalui kegiatan menari Tari Motasu di sekolah yang di sematkan pada mata pelajaran seni budaya dan melakukan latihan untuk siswa yang menjadi peraga dan pemanfaatan dilakukan sebagai saran pendidikan serta sebagai tontonan.Saran dari peneliti adalah kegiatan menari Tari Motasu tetap diadakan pada mata pelajaran seni budaya dan perlu dipertahankan untuk kelanjutannya serta selalu mendukung para siswa dalam berkegiatan menari Tari Motasu baik di sekolah maupun pementasan di luar sekolah sebagai ajang apresiasi serta memotivasi para siswa untuk terus melestarikan kesenian yang ada di daerah. Kata Kunci: Pelestarian Tradisi,  Seni Tari Motasu, dan SD Negeri 06 Lainea  

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPSB

Publisher

Subject

Arts Humanities Education

Description

Selamat datang di Jurnal Pembelajaran Seni dan Budaya (JPSB), jurnal elektronik yang diterbitkan Program studi Pendidikan Seni, Pascasarjana Universitas Halu Oleo Kendari. Jurnal Pembelajaran Seni dan Budaya (JPSB), adalah media untuk diskusi ilmiah, deskripsi, dan riset mengenai pendidikan seni dan ...