Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh model value clarification technique (VCT) berbantuan LKPD liveworksheet terhadap sikap sosial dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 226 Patande. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan Nonequivalent Control Group Design yang memiliki kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah murid kelas V.a dan V.b. dan sampel yaitu kelas V.a sebanyak 35 orang dan V.b sebanyak 35 orang yang berjumlah 70 murid. Tekhnik analisis data menggunakan Uji Manova dengan SPSS versi 21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perhitungan pada sikap sosial untuk kelas eksperimen yaitu dengan rata-rata sebesar 85.00 dan minat belajar untuk kelas kontrol yaitu dengan rata-rata 80.00. Sedangkan perhitungan hasil belajar Pre-test untuk kelas eksperimen yaitu dengan rata-rata sebesar 56.71 dan hasil belajar Post-test yaitu hasil yang dicapai rata-rata sebesarĀ 85,31. Perhitungan pada hasil belajar Pre-test untuk kelas kontrol yaitu dengan hasil rata-rata sebesar 55.17 dan hasil belajar Post-test yaitu hasil yang dicapai rata-rata sebesarĀ 76,40. Hal ini membuktikan bahwa penerapan model value clarification technique (VCT) berbantuan LKPD liveworksheet berpengaruh terhadap sikap sosial dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 226 Patande.
Copyrights © 2022