Gema Wiralodra
Vol. 13 No. 2 (2022): Gema Wiralodra

Perbedaan Motivasi dan Hasil Belajar IPS Siswa SD dalam Menggunakan Model Pembelajaran Think Talk Write Berbantuan Media Puzzle

Mudrika Mudrika (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Rosleny Babo (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Idawati Idawati (Universitas Muhammadiyah Makassar)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV dan untuk mengetahui perbedaan motivasi dan hasil belajar IPS dalam penggunaan model pembelajaran think talk write berbantuan media puzzle di kelas IV SDIT Ulul Al Baab Wahdah Islamiyah Jeneponto. Jenis penelitian ini adalah kuantatif dengan quasi eksperimen. Design yang digunakan adalah non probability sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah  pengumpulan data yang digunakan adalah pengambilan hasil tes belajar siswa, nilai perolehan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 83,54 pada kelas eksperimen dan pada kelas control 78,96. Sedangkan perolehan nilai motivasi belajar siswa pada kelas eksperimen 60,71 sedangkan pada kelas kontrol 56,05. Dari hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan motivasi dan hasil belajar IPS.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

gemawiralodra

Publisher

Subject

Other

Description

Gema Wiralodra adalah jurnal yang dikelola oleh LPPM Universitas Wiralodra. Gema Wiralodra telah ada sejak tahun 2005 dan merupakan jurnal pertama di Universitas Wiralodra. Gema Wiralodra merupakan jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan dua kali setahun (bulan April dan bulan Oktober) yang ...