Gema Wiralodra
Vol. 13 No. 2 (2022): Gema Wiralodra

Implementasi Metode Sosiodrama dan Pengaruhnya Terhadap Peningkatan Sikap Toleransi dan Pemahaman Materi Kelas IV Siswa Sekolah Dasar

Nurul Khairiyah AH (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Rosleny Babo (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Muhajir Muhajir (Universitas Muhammadiyah Makassar)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap toleransi dan pemahaman materi hasil belajar siswa kelas IV terhadap pengaruh metode sosiodrama pada mata pelajaran IPS kelas IV sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan quasi eksperimental design. Desain penelitian yang digunakan adalah Pretest-Postest Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Borongkaluku sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IV SDI Bontomanai sebagai kelas control. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengambilan hasil tes pemahaman materi belajar siswa, nilai perolehan rata-rata pemahaman materi hasil belajar siswa sebesar 83,85. Sedangkan nilai perolehan rata-rata sikap toleransi siswa sebesar 79,60. Berdasarkan hasil angket yang diberikan kepada siswa membuktikan bahwa pengujian data sikap toleransi dan pemahaman materi belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas control. Pada uji hipotesis ini membuktikan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima maka terdapat pengaruh yang signifikan metode sosiodrama terhadap sikap toleransi dan pemahaman materi belajar siswa Kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini diharapkan agar Metode Sosiodrama dapat dijadikan salah satu model pembelajaran di sekolah untuk meningkatkan sikap toleransi dan pemahaman materi hasil belajar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

gemawiralodra

Publisher

Subject

Other

Description

Gema Wiralodra adalah jurnal yang dikelola oleh LPPM Universitas Wiralodra. Gema Wiralodra telah ada sejak tahun 2005 dan merupakan jurnal pertama di Universitas Wiralodra. Gema Wiralodra merupakan jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan dua kali setahun (bulan April dan bulan Oktober) yang ...