JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol 12 No 3 (2022): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Efektivitas Modul Stoikiometri Berbasis Guided Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa

Ranti Gusti Rahayu (Universitas Negeri Padang)
Yerimadesi (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2022

Abstract

Telah tersedia modul stoikiometri berbasis guided discovery learning yang telah teruji valid dan praktis, namun belum diuji efektivitasnya terhadap pembelajaran, sehingga belum dikatakan layak untuk dijadikan sebagai bahan ajar dan disebarkan kepada wilayah yang lebih luas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas modul stoikiometri berbasis guided discovery learning terhadap hasil belajar siswa kelas X MAN 2 Padang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah quasi-experiment dengan rancangan pretest-posttest control group design. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling, sehingga terpilih kelas X IPA 9 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 6 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen dalam pembelajaran menggunakan modul berbasis guided discovery learning, sementara kelas kontrol menggunakan sumber lain. Instrumen penelitian berupa soal tes pretest-posttest yang telah valid,reliabel, memiliki daya pembeda soal dan indeks kesukaran yang baik. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji n-gain, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Keefektifan modul dianalisis berdasarkan nilai n-gain. Berdasarkan pengolahan data, didapatkan rata-rata nilai n-gain kelas eksperimen lebih tinggi dari rata-rata n-gain kelas kontrol yaitu pada kelas eksperimen sebesar 0,721 sedangkan kelas kontrol 0,620. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung ttabel yaitu 4,18 1,99. Kesimpulannya, pengggunaan modul stoikiometri berbasis guided discovery learning efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...