Telah tersedia modul stoikiometri berbasis guided discovery learning yang telah teruji valid dan praktis, namun belum diuji efektivitasnya terhadap pembelajaran, sehingga belum dikatakan layak untuk dijadikan sebagai bahan ajar dan disebarkan kepada wilayah yang lebih luas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas modul stoikiometri berbasis guided discovery learning terhadap hasil belajar siswa kelas X MAN 2 Padang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah quasi-experiment dengan rancangan pretest-posttest control group design. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling, sehingga terpilih kelas X IPA 9 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 6 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen dalam pembelajaran menggunakan modul berbasis guided discovery learning, sementara kelas kontrol menggunakan sumber lain. Instrumen penelitian berupa soal tes pretest-posttest yang telah valid,reliabel, memiliki daya pembeda soal dan indeks kesukaran yang baik. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji n-gain, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Keefektifan modul dianalisis berdasarkan nilai n-gain. Berdasarkan pengolahan data, didapatkan rata-rata nilai n-gain kelas eksperimen lebih tinggi dari rata-rata n-gain kelas kontrol yaitu pada kelas eksperimen sebesar 0,721 sedangkan kelas kontrol 0,620. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung ttabel yaitu 4,18 1,99. Kesimpulannya, pengggunaan modul stoikiometri berbasis guided discovery learning efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Copyrights © 2022